Ford Mustang dirombak lebih ringan?

PRODUSEN mobil Amerika Serikat, Ford, siap merombak legenda hidup Ford Mustang. Muscle car yang menjadi lawan Camaro itu akan memiliki bobot yang lebih ringan.

Mustang terbaru yang akan dijual mulai tahun depan dikabarkan akan memiliki bobot lebih ringan dibanding yang ada sekarang.

"Saya tahu mereka mencoba untuk menghapus minimal 400 pound (181 kg)," kata sumber di Ford seperti dikutip Edmunds.

Namun, juru bicara resmi Ford masih enggan menanggapi kabar tersebut. Tapi dia mengakui kalau Mustang harus segera dibikin irit untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar mereka sebesar 4 persen per tahun sampai 2025.

"Mobil itu akan (berumur) sekitar 8 sampai 10 tahun sehingga persyaratan peraturan harus diantisipasi untuk itu jangka waktu yang panjang," kata sumber itu.

Salah satu kunci untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar adalah pemangkasan berat kendaraan, dengan mengurangi dimensi dari Mustang baru dan menggunakan bahan yang ringan.

Dimensi Mustang terbaru pun dikabarkan akan lebih kecil Mustang dibanding yang ada sekarang. "Panjang keseluruhan 8 persen (sekitar 15 inci) lebih pendek," kata sumber itu.

Mustang yang ada saat ini sendiri memiliki panjang 188,5 inci dengan wheelbase 107,1 inci dan lebar 73,9 inci. "Lebar akan sedikit kurang sekitar 10 persen (sekitar 6,5 inci)," tambah sumber itu.

Adapun untuk bahannya, Ford diklaim akan banyak menggunakan bahan aluminium yang lebih ringan. Sebagai konsekuensi dari berbagai perubahan mendasar itu, harga Mustang diperkirakan akan naik sekitar 10 persen.

Detroit Motor Show 2014 yang akan digelar di Januari mendatang atau New York Auto Show di April kemungkinan akan menjadi awal debut mobil ini. Sementara versi convertible akan datang belakangan. | sumber: detik

Leave a Reply