Empat Kapal Pesiar akan Singgah di Sabang

    26
    0

    SABANG-Empat kapal pesiar (cruise) telah memberitahu otoritas Sabang tentang rencana kunjungannya ke pulau wisata Sabang tahun ini.

    “Empat kapal pesiar itu akan tiba di sini mulai 3 Maret hingga 19 Desember 2012,” kata Ali Taufik, Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang kepada the Atjeh Post, Minggu, 29 Januari 2012.

    Keempat kapal tersebut yaitu, MV. SEA BOURN LEGEND (3 Maret 2012 dari 08.00 – 18.00), MV. SEA BOURN PRIDE (1 April 2012 dari Pukul 08.00 – 18.00), MV. ALBATROS (1 April 2012 dari Pukul 08.00 – 14.00 WIB), dan MV. SEA BOURN PTIDE (19 Desember 2012 dari Pukul 10.00 – 20.00 WIB).

    “Masing-masing kapal, direncanakan akan berkunjung selama beberapa jam. Dan di hari yang sama ada dua kapal yang akan singgah ke Sabang,” ujar Ali Taufik.

    Menurut taufik, sebenarnya direncanakan ada lima kapal pesiar yang akan singgah di Sabang.Namun, kata dia, baru empat yang telah mendapatkan konfirmasi positif dari pihak Pelni dan BPKS.

    Pihaknya, bersama BPKS, akan menyediakan tempat secara gratis di areal Pelabuhan teluk Sabang bagi masyarakat yang akan menjual souvenir. “Bila berminat untuk promosi barang souvenir, marchendice, kuliner dan culture silakan hubungi  panitia, karena tempat sangat terbatas,” jelas Taufik.

    Namun, nantinya panitia akan melakukan seleksi standar kualitas untuk barang yang akan dipromosi. Karenanya, masyarakat dapar menghubungi dinas dan BPKS untuk lokasi tempat bazar yang akan disediakan.

    “Bisa menghubungi Kepala Bidang Pelabuhan BPKS, Agus Salim dan dirinya sendiri di Kantor Disbudpar,” jelasnya.

    Selain itu, Dinas juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat menciptakan kemanan yang kondusif dan dapat memberikan senyuman “welcome” kepada pengunjung sebagaimana sifat masyarakat Sabang yang selalu menerima siapa saja.

    “Jagalah kebersihan daerah kita, dan masyarakat agar dapat membantu para turis, apabila diminta bantuannya. Namun, yang terpenting bagaimana kita dapat menciptakan suasana yang nyaman,” harap Taufik.[]