Elwaipi, komunitasnya para pengusaha muda Aceh

    17
    0

    MENJADI pengusaha mungkin sudah banyak dilakukan orang. Tapi berbagi rahasia sukses dan kiat-kiat menjadi pengusaha mandiri kepada semua orang? Itulah yang dilakukan sekelompok anak muda Aceh yang tergabung dalam komunitas Leader Youngpreneur yang memiliki akronim Elwaipi ini.

    Demi menuntaskan rasa penasaran apa saja kegiatan Elwaipi, kemarin siang ATJEHPOSTcom sengaja bertemu dengan beberapa pentolannya. Bertempat di warung kopi Solong, Ulee Kareng, sambil menikmati kopi dan penganan kecil, mengalirlah cerita-cerita mengenai awal terbentuknya komunitas ini.

    Rupanya usia komunitas ini masih sangat muda, baru terbentuk pada April 2013 lalu dan diresmikan pada 5 Mei 2013. Namun soal ide dan kreativitas mereka tak bisa dibilang sepele. Ide awalnya berangkat dari fenomena kegelisahan dua pencetusnya Hijrah Saputra dan Didi Nuriel. Setiap tahun mereka melihat jumlah wisudawan dari perguruan tinggi semakin meningkat. Sementara jumlah peluang kerja sangat minim.

    Lalu, Hijrah yang tak lain adalah owner Piyoh Design dan Didi yang bekerja sebagai manajer Baitul Qiradh dan pemilik Hadrah Wedding Organizer ini tergerak membentuk sebuah komunitas. Tujuannya untuk menggali potensi anak-anak Aceh baik mahasiswa atau yang masih menganggur dan memberikan semangat dan motivasi untuk berwirausaha.

    Dalam menjalankan kegiatan komunitasnya, Hijrah dan Didi dibantu empat pengusaha muda lainnya, mereka adalah Arie pemilik catering kampus, Haidir pemilik Jus Kidding, Mirza pemilik kaos unik Aceh dengan label Homhay.

    “Kini anggota Elwaipi tidak hanya dari Aceh saja tapi juga ada anggota dari Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya dan Lombok,” kata Didi, yang mengelola usaha Soelthan Kopi ini kepada ATJEHPOSTcom, Senin, 1 Juli 2013.[] ihn