Eeh, Kopi Itu Menyehatkan, Lho!

KATA orang, terlalu banyak minum kopi dapat berefek buruk pada tubuh. Namun, saat ini para peneliti mengatakan bahwa minum kopi dapat memperpanjang angka harapan hidup.

Dalam penelitian terhadap 400.000 responden kisaran umur 50 sampai 71 tahun, memperlihatkan semakin banyak meminum kopi makin kecil kemungkinan meninggal karena terserang berbagai penyakit seperti jantung, penyakit pernapasan, stroke, luka, diabetes, dan infeksi meski tidak demikian halnya untuk kanker.

Meminum empat sampai lima cangkir perhari dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, ungkap peneliti Amerika pada The New England Journal of Medicine. Para peneliti dari National Cancer Institute, National Institutes of Health, Maryland ini memang tidak mengetahui dengan pasti apakah kopi dapat menurunkan tingkat kematian tetapi mereka menemukan keterkaitan di antara keduanya.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 229.000 pria dan 173.000 wanita antara tahun 1995 sampai 2008. Para responden dibagi dalam beberapa kelompok peminum kopi hingga enam cangkir atau lebih per hari dan mereka yang tidak. Terdapat 52.000 kematian selama penelitian, dengan hubungan berbanding terbalik antara konsumsi kopi dan kematian.

Hal tersbut memperlihatkan mereka yang meminum kopi dalam jumlah banyak memiliki risiko lebih rendah terhadap kematian. Temuan ini diperlihatkan oleh kelompok peminum kopi tanpa kafein. Oleh karenanya, para peneliti mengatakan bukan kafein semata yang berguna bagi kesehatan tubuh melainkan terdapat efek biologis dari antioksidan dan megnesium yang terkandung dalam kopi.

”Penelitian ini sangat penting untuk menguatkan bukti bahwa minum empat sampai lima cangkir kopi sehari adalah aman dan bermanfat bagi tubuh. Bagi ibu hamil, minum kopi juga sangat penting asalkan asupan kafein mereka cukup mencapai 200mg per hari dan harus sesuai dengan standard National Health Service (NHS),” ungkap Dr. Euan Paul, direktur eksekutif Asosiasi Kopi Inggris. |sumber : sehatnews.com

Leave a Reply