Dinas Pertanian Pidie Gantikan Bibit Padi Warga

    12
    0

    SIGLI – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Pidie telah menarik bibit padi seberat 1.5 ton. Bibit tersebut sebelumnya telah disalurkan kepada kelompok tani di 22 Kecamatan Pidie. Kini, Pemkab Pidie menggantikannya dengan bibit baru.

    “Kita telah menarik bibit yang tidak tumbuh dan pihak pemasok PT SHS (Sang Nyang Sari) telah menggantikan dengan bibit baru, “ ujar  Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Hultikultural Distannak Pidie, Muhammad Diah, Sabtu 8 Desember 2012.

    Menurit dia, adanya bibit padi yang tidak tumbuh yang dikeluhkan oleh petani tersebut diketahui berdasarkan laporan badan penyuluh tani.

    “Bagi kelompok tani yang belum melaporkan tentang benih padi yang tidak tumbuh untuk segera melaporkan kepada Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Pidie untuk ditindaklanjuti kepada pemasok benih dan menggantikan dengan bibit baru,” ujar M Diah.

    Bibit tersebut, kata dia, berasal Program Cadangan Benih Nasional (CBN) yang diusulkan ke pusat pada September lalu untuk lahan 21000 H. Namun, pusat hanya menyetujui 12600 H,  setara 315 ton.

    Usulan tersebut dikarenakan PT. HNW Hidayah Nur Wahana dari Bantul tidak melakukan pemasokan ke Pidie. Seharusnya kalau pemasokanya lancar,  pada musim gadu bulan Maret lalu sudah disalurkan.

    “Kami sudah surati pusat tentang tidak dipasoknya bibit oleh PT HNW. Sehingga pusat pada tanggal 14 November 2012 memberi penugasan kepada PT SHS untuk memasok bibit pada musim renengan ini melalui program CBN. Benih tersebut sekarang telah kita salurkan kepada kelompok tani,”ujarnya.