Detoks Digital, Meredam Bahaya Kecanduan Gadget

    22
    0

    Cara unik diterapkan oleh Old Hall School di Wellington, Shropshire, Inggris, untuk mengurangi muridnya kecanduan telepon pintar atau piranti digital lain. Sekolah ini menyapih anak-anak dari orang tua dan peralatan digital saat liburan dalam sepekan.

    Martin Stott, Kepala Sekolah Old Hall yakin banyak anak yang kurang bisa berkomunikasi dengan baik, termasuk menggunakan bahasa tumbuh dan ekspresi wajah karena tidak pernah meninggalkan perangkat digital.

    Itu sebabnya, Scott melarang muridnya membawa telepon pintar atau sabak elektronik ketika melakukan perjalanan libur sekolah. “Kami menantang anak-anak untuk hidup tanpa perangkat mobile untuk akhir pekan mereka adalah, " ujarnya kepada The Times

    Sekolah Old Hall bukan antiteknologi. Sekolah ini menggunakan peralatan digital dalam pengajarannya. Justru untuk mencegah terlalu kecanduan digital, anak-anak saat liburan bersama diminta menghabiskan lebih banyak waktu berbicara dengan teman, membaca buku dan mencoba memecahkan masalah bersama.

    Cara itu bisa mengurangi bahaya kecandungan tablet. Terbiasa menggunakan tablet atau telepon pintar akan membuat anak tak memiliki kepedulian dan empati anak terhadap lingkungannya. Dampak lain dari keranjingan gadget adalah kurangnya gerak tubuh. | sumber : tempo