Demonstrasi Tolak Clinton Dibubarkan Polisi

    25
    0

    Demonstrasi mahasiswa menolak kedatangan Bill Clinton, mantan presiden Amerika Serikat, dibubarkan paksa polisi setempat.

    Aksi di Bundaran Simpang Bandara Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar, Sabtu, tersebut dibubarkan polisi karena mahasiswa tidak mengantongi izin.

    Pembubaran massa tersebut menimbulkan bentrok antara polisi dan 30-an mahasiswa. Sempat terjadi tarik menarik antara mahasiswa dengan sejumlah polisi.

    M Reza Fahlevi, koordinator aksi, mengatakan, aksi yang mereka gelar untuk menolak kedatangan Bill Clinton ke Aceh. Sebab, mantan Presiden AS tersebut bersekutu dengan Israel.

    "Bill Clinton ke Aceh dalam rangka misi kemanusiaan. Kalau misi kemanusiaan, seharusnya dia ke Palestina melihat kekejaman Israel, bukan ke Aceh," katanya.

    Kedatangan Clinton kali ini hanya beberapa hari menjelang penetapan rekapitulasi resmi suara Pemilu Presiden 2014.

    Pada Pemilu 1999, bekas presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter, juga hadir memonitor dengan bendera Carter Centre, yang dia pimpin.

    "Kami tegaskan kami menolak kedatangan Bill Clinton ke Aceh. Kalau pemerintah Provinsi Aceh menerima kedatangannya, berarti pemerintah Provinsi Aceh munafik," kata Fahlevi.

    Bill Clinton berkunjung ke Aceh dalam rangka misi kemanusiaan pascatsunami. Dalam kunjungannya ke Aceh, Clinton mengunjungi sejumlah kawasan yang pernah diterjang tsunami 26 Desember 2004, termasuk menziarahi kuburan massal korban tsunami.[] sumber: antaranews.com