Cegah Narkoba, Menkum HAM Gelar Lomba Baca Alquran Antar-Napi

TANJUNG PINANG – Kementerian Hukum dan HAM mengaku serius dalam membasmi peredaran narkoba di penjara. Sebagai salah satu upaya pencegahan, para napi akan dibuat sibuk dengan kegiatan keagamaan. Salah satunya, dengan membaca Alquran.

Hal ini disampaikan Menkum HAM, Amir Syamsuddin, usai membuka acara lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) antar-napi se-Kepulauan Riau. Acara yang diikuti oleh 35 napi dari 6 Lapas dan Rutan itu digelar di Kantor Kanwil Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Kamis (12/4/2012).

Amir menyampaikan, kegiatan yang dimulai di Kepri ini diharapkan bakal menular ke daerah lain. "Insya Allah akan diproyeksikan ke daerah lain. Dulu sebenarnya pernah berjalan tapi berhenti cukup lama, terakhir tahun 1997," jelasnya kepada wartawan.

Dalam kesempatan itu, politisi Demokrat yang tampil dengan pakaian khas adat Melayu tersebut juga menyampaikan kebanggaannya pada para napi yang mampu membaca Alquran dengan baik. Hal itu membuktikan bahwa para napi tidak bisa terus dianggap sebagai warga buangan.

"Inilah langkah awal dari kepulauan Riau, mudah-mudahan bergaung ke seluruh Tanah Air. Kita akan buktikan warga binaan kita bukan warga buangan, tapi mereka adalah manusia penuh bakat," tegasnya.

Apakah kegiatan ini juga untuk mencegah maraknya peredaran narkoba di penjara? Amir menjawab dengan tegas,"Iya sangat benar sekali,".

Selain lomba MTQ, digelar juga lomba adzan dan salitilawah dari para napi. Acara ini cukup menarik minat para warga di Tanjung Pinang.|Sumber: detik

Leave a Reply