Bupati Bireuen: Ada Warga yang Manipulasi Data Demi Rumah Bantuan

    13
    0

    BIREUEN – Ada ada saja ulah warga Bireuen. Demi untuk mendapatkan rumah bantuan untuk kaum dhuafa. Ada warga kabupaten itu yang foto dapur rumahnya yang tergolong tidak bagus untuk lampiran usulan rumah bantuan.

    Hal itu disebutkan Bupati Bireuen Nurdin Abdul Rahman pada acara serah terima Camat Kota Juang dari pejabat lama Dahlan kepada pejabat baru Darmansyah di aula Setdakab Lama Bireuen, Rabu 25 April 2012.

    “Soalnya setelah dicek, rumah bagian depan pemohon rumah dhuafa itu beton (permanen-red), di dalam rumah ada televisi dan kulkas lagi,” ungkap Nurdin Abdul Rahman tanpa menyebut lokasi rumah itu, dan disambut senyum para hadirin.

    Sebab itu Nurdin mengatakan dengan adanya kabar 17 ribu rumah bantuan komunitas internasional itu. Ada kalangan masyarakat Bireuen yang hendak melakukan penipuan dengan memanipulasi data rumahnya demi menjadi penerima rumah bantuan.

    “Karena ada temuan seperti itu, maka saya sudah perintahkan kepada Dinas Sosial, nantinya semua data calon penerima rumah bantuan untuk kaum dhuafa itu akan diverifikasi betul-betul supaya tidak terjadi penyimpangan dan salah sasaran,” tegas Nurdin.

    Ia juga menakutkan adanya halhal yang seperti ini akan membuat donatur urung memberi bantuan lagi di masa yang akan datang. “Ini sangat-sangat berbahaya,” katanya.

    Nurdin mengatakan dalam beberapa hari ini, empat anggota tim perwakilan donatur tiba di Bireuen untuk menjelaskan kepada masyarakat apa yang akan mereka lakukan soal rumah bantuan itu serta membuka kantor di Bireuen.

    Sebelumnya diberitakan kabar bakal adanya 17 ribu unit rumah bantuan untuk kaum dhuafa di Kabupaten Bireuen. []