Bupati Aceh Barat Daya: KIP harus lindungi hak peserta Pemilu Legislatif

BUPATI Aceh Barat Daya Jufri Hasanuddin melantik lima komisioner Komisi Independen Pemilihan kabupaten itu periode 2013-2017. Pelantikan berlangsung di kompleks perkantoran Abdya, Gampong Keude Paya, Blangpidie, Kamis 18 Juli 2013.

Ada empat pria dan seorang wanita yang dilantik dan diambil sumpah oleh bupati. Dua di antara komisioner itu merupakan wajah lama seperti S Maskur yang menjadi Anggota KIP Abdya periode 2004-2008. Lalu Hasbi, salah seorang komisioner yang habis masa jabatan pada 18 Juli 2013.

Sedangkan tiga kimisoner lainnya adalah Muhammad Jakfar, Elfiza dan Muhammad Zikri. Pelantikan juga dihadiri mantan Komisioner sebelumnya seperti Nazli, Teuku Umar, T Rinaldi dan Yusrianda.

Bupati Jufri Hasanuddin mengapresiasi KIP periode sebelumnya yang selama ini telah bekerja sesuai tahapan dan profesionalismenya.

Kepada KIP Abdya yang baru ia meminta setiap hak warga dalam pemilihan harus diakomodir. “Setiap hak warga Abdya yang bertarung sebagai peserta pemilu legislatif itu harus dilindungi oleh KIP. Satu suara tidak boleh hilang ketika itu menjadi hak orang, satu suara pun tidak boleh lebih pada yang bukan haknya,” ujar Jufri.

Proses demokrasi yang berkualitas, kata dia, bakal melahirkan legislatif yang demokratif.

Acara pelantikan itu dihadiri Wakil Bupati Aceh Barat Daya Yusrizal Razali, Ketua DPRK Aceh Barat Daya M Nasir, dan unsur Muspida lainnya.[](rz)

Leave a Reply