Brasil jadi harapan terakhir perusak dominasi Spanyol

    20
    0

    TIMNAS Spanyol begitu mendominasi sepakbola dalam enam tahun terakhir. Brasil pun coba jadi tim pertama yang menganggu kenyamanan 'Tim Matador' itu dimulai dari Piala Konfederasi

    Setelah kerap dicap sebagai tim spesialis kualifikasi, Spanyol mulai menancapkan hegemoninya di tahun 2008 saat jadi juara Eropa. Setelahnya La Furia Roja seperti tak terhadang untuk meraih kesuksesan dengan jadi juara dunia dan kembali mempertahankan supremasi di Benua Biru tahun lalu.

    Tak hanya di level senior, di level junior seperti U-19 dan U-21 pun Spanyol sama baiknya. Ini memperlihatkan dominasi total Spanyol di bidang sepakbola, yang sepertinya belum pernah dilakukan tim manapun.

    Brasil sebagai salah satu kekuatan tradisional olahraga ini justru sedang berada di titik nadir mereka, ketika gagal di Piala Dunia 2010, lalu Copa America 2011 dan Olimpiade. Mereka pun terlempar ke posisi 22 dalam peringkat FIFA terakhir yang jadi pencapaian terburuk dalam sejarah.

    Sebagai tuan rumah Piala Dunia musim panas nanti, Brasil tentu tak ingin kehilangan muka di depan publiknya sendiri. Oleh karena itu Selecao berniat mengikuti jejak Spanyol yang bisa bangkit dari keterpurukan (tanpa trofi mayor selama 44 tahun) hingga jadi seperti sekarang.

    Tak cuma ingin sekadar mengopi apa yang dilakukan Spanyol, Brasil pun ingin berjumpa 'Tim Matador' di final Piala Konfederasi yang tengah dihelat hingga 30 Juni mendatang. Apalagi kondisi moral para pemain 'Tim Samba' tengah tinggi-tingginya pasca dua kemenangan dari Jepang serta Meksiko.

    "Tentu saja menyenangkan melihat final Brasil dan Spanyol, di mana kedua tim adalah favorit juata," ujar eks pelatih Brasil, Carlos Alberto Parreira, seperti dikutip Football Espana.

    "Spanyol adalah tim terbaik di dunia saat ini, memainkan sepakbola terbaik saat ini dan tidak hanya di level senior, karena mereka juga menjadi juara di level U-19 dan U-21, yang sedang dalam penampilan puncaknya," sambungnya.

    "Mereka terdiri dari kumpulan pemain yang sudah bersama selama enam tahun, itu memberi mereka keuntungan dibanding tim-tim lain."

    "Kami sangat ingin bertemu mereka di final. Akan jadi pertarungan dua gaya yang berbeda? Brasil mungkin sudah siap mengalahkan juara dunia. Spanyol butuh tim yang bisa menganggu mereka dan tim itu adalah Brasil," tutupnya.[] sumber : detik