Banjir Bandang Hantam 4 Kecamatan di Aceh Tenggara

    19
    0

    KUTACANE – Banjir bandang yang datang tiba-tiba sekitar pukul 19.20 wib malam tadi, Kamis 12 April 2012, di Aceh Tenggara menghantam empat kecamatan di kabupaten tersebut: Lawe Bulan, Bambel, Bukit Tusam, dan Lawe Sumur.

    Dari keempat kecamatan terparah adalah Bukit Tusam. Sekitar 15 rumah warga hancur di Desa Rikit Bur dan Lawe Dua. Hingga kini sekitar 70 kepala keluarga di desa tersebut mengungsi ke Kutacane.

    Di Bambel banjir melewati Desa Lawe Sekobon dan Tarutung Payung. Sedangkan di Lawe Bulan banjir menghantam Desa Kuta Baru. Dan di Lawe Sumur melewati Desa Tisam.

    “Tiga kecamatan lain hanya laluan air saja, namun ikut menghanyutkan barang-barang penduduk, tetapi tidak ada rumah yang rusak,” kata Sumardi, warga Lawe Sekobon, Bambel, kepada The Atjeh Post, melalui telepon selular, Jumat 13 April 2012.

    Sejak sepekan lalu, kata Sumardi, curah hujan di Aceh Tenggara meninggi. Dan pada hari naas itu, kata dia, hujan turun cukup lebat pada pukul 17.30 WIB.

    Hingga berita diturunkan, belum ada informasi mengenai korban jiwa. Namun kerugian barang dan benda ditaksir mencapai jutaan rupiah.

    Sejak malam tadi tim SAR, kata Sumardi, langsung turun ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban. Pada siang tadi bantuan sudah turun dari Dinas Sosial. "Mereka mendirikan tenda, membuat dapur umum dan memberikan air bersih."[]