Banda Aceh bakal bangun jalan layang dan peningkatan sarana transportasi

    12
    0

    PEMERINTAH Kota Banda Aceh akan membangun sarana dan prasarana transportasi kota. Hal ini disampaikan Muzakir Tulot selaku Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Banda Aceh saat mempresentasikan pembangunan transportasi di hadapan Tim Wahana Tata Nugraha 2013, di ruang kerja Wali Kota Banda Aceh, Jumat, 31 Mei 2013.

    "Guna memberikan rasa aman bagi setiap warga kota, Pemerintah Kota Banda Aceh dalam tata kelola transportasi telah membangun beberapa sarana dan prasarana," katanya.

    Sarana dan prasarana tersebut, kata Muzakir, diantaranya jalur sepeda, sarana transportasi, ruang parkir, terminal angkutan lokal, terminal Antar Kota Dalam Provinsi atau AKDP dan terminal Antar Kota Antar Provinsi atau AKAP, serta terminal barang.

    Selain itu, kata Muzakir, Pemko Banda Aceh juga akan mengembangkan terminal Tipe B untuk AKDP yang ada di Lueng Bata. Terminal tersebut, kata dia, akan dilengkapi perbengkelan, ruang tunggu bagi penumpang dan jadi terminal khusus bagi minibus.

    Sementara Terminal Keudah akan dijadikan terminal singgah yang akan dilengkapi pusat perbelanjaan seperti mall bagi penumpang. Selain itu terminal tersebut juga dijadikan lokasi wisata water front city lantaran berdekatan dengan Krueng Aceh.

    “Untuk jalur sepeda, pejalan kaki, serta bagi pengguna jalur bagi orang cacat juga terus ditingkatkan,” kata dia.

    Pemerintah Kota Banda Aceh juga berencana membangun fly over atau jembatan layang di Simpang Jambo Tape dan Simpang Lima Banda Aceh. Dia mengharapkan pembangunan jembatan layang bisa dilaksanakan tahun 2015 mendatang.[](bna)