Asteroid raksasa 2012 DA14 lintasi Indonesia

    12
    0

    ASTEROID besar seukuran kolam renang olimpiade melewati bumi dengan jarak terdekat pada 27.700 Km. Jarak terdekat ini tercatat pada pukul 19.25 GMT, atau sekitar pukul 02.25 WIB.

    Seperti yang dikutip dari bbc.co.uk, Sabtu (16/2/2013), asteroid berdiameter 45 meter ini melintasi wilayah selatan Bumi seperti Australia dan Indonesia. Asteroid ini tidak memberikan dampak apa pun kepada Bumi, selain kesempatan mempelajari bentuk asteroid yang ditemukan pada Februari 2012 ini.

    "Kedatangan asteroid didahului oleh peristiwa meteor merusak di Rusia pada hari Jumat (15/2/2013). Tetapi indikasi dari jalur meteor menunjukkan bahwa dua peristiwa tersebut sama sekali tidak berhubungan, hanya kebetulan kosmik," kata peneliti dari Queens University Kanada, Alan Fitzsimmons.

    2012 DA14 pertama kali terlihat pada bulan Februari 2012 oleh astronom di Survey Sagra La Sky di Spanyol. Alan menambahkan posisi terdekat asteroid ini memberikan kesempatan sejumlah astronom dunia untuk mempelajari pola asteroid.

    "Ketika asteroid datang dan pada titik dekat, sangat penting untuk mencoba belajar tentang mereka. Asteroid menjadi begitu cerah, sehingga sangat mudah untuk belajar," kata Alan.

    Observasi tersebut memungkinkan para peneliti mendapatkan pola kemungkinan asteroid memasuki Bumi. "Kami mendapatkan wawasan tambahan ke dalam benda-benda kecil, yang merupakan penabrak, kemungkinan besar di bumi," ujar Alan.[] sumber : detik