Asteroid besar dekati Bumi

    30
    0

    SEBUAH asteroid yang memiliki ukuran lima kali lapangan sepakbola akan terlihat dari Bumi pada malam ini. Anda dapat melihat benda langit itu melintasi Bumi dengan bantuan teleskop.

    Menurut laman Space, Selasa 30 Juli 2013, asteroid yang mempunyai nama 2003 DZ15 itu akan memiliki jarak dengan Bumi sekitar 2,2 juta mil, atau setara 3,5 juta kilometer dari Bumi. Jarak itu sekitar sembilan kali jarak Bumi dengan Bulan.

    Menurut para peneliti, asteroid 2003 DZ15 tidak akan menyerang Bumi. Lintasan antara asteroid itu dan Bumi masih sangat jauh, sehingga Bumi masih aman dari serangan asteroid tersebut.

    Bagi para penggemar asteroid, dapat melihat video streaming asteroid 2003 DZ15. Sebuah webcast dari proyek teleskop virtual akan menampilkan gambar dari sebuah teleskop yang berada di Ceccano, Italia.

    Di dalam webcast itu akan menampilkan gambar dari asteroid 2003 DZ15 yang melintas di Bumi, dengan ditemani komentator Gianluca Masi, astrofisikawan asal Italia.

    Asteroid yang memiliki ukuran lebar 152 meter itu akan sangat sulit dilihat dengan mata telanjang ketika langit sedang mendung. Tapi, Anda bisa melihatnya di laman webcast proyek teleskop virtual di http://www.virtualtelescope.eu/webtv/.

    Meskipun asteroid 2003 DZ15 berukuran besar, tapi karena jaraknya yang sangat jauh dengan Bumi, membuatnya hanya terlihat seperti sebuah lubang jarum.

    Tulisan ini merupakan bentuk kerjasama VIVA.co.id dengan ATJEHPOSTcom. Baca juga berita lainnya : Inggris siapkan misi kirim manusia ke Mars