Apple geser CocaCola menjadi merek paling bernilai

    344
    0

    UNTUK pertama kalinya dalam 13 tahun terakhir, perusahaan survei merek Interbrand mengumumkan jawara baru untuk merek paling terkenal, yaitu Apple.

    Perusahaan pembuat ponsel iPhone ini menggeser perusahaan minuman ringan Coca-Cola, yang terus menerus memimpin sejak 2000.

    Menurut perhitungan Interbrand, Apple memiliki nilai merek sekitar US$ 98,3 miliar (sekitar Rp 1.081 triliun). Peringkat dua diduduki perusahaan teknologi lainnya, yaitu Google dengan US$ 93,3 miliar (sekitar 1.026 triliun).

    "Sesekali sebuah perusahaan mengubah hidup masyarakat, tidak hanya lewat produk berkualitas namun juga etos kerja," kata Jez Frampton, Chief Executive Officer Interbrand soal pemilihan Apple sebagai nomor satu.

    Perusahaan Samsung asal Korea Selatan menempati posisi ke delapan dari sembilan pada tahun lalu, dengan kenaikan 20 persen nilai merek.

    Samsung bertukar tempat dengan Intel, yang turun lima persen nilai produknya. Interbrand memadukan penilaian kinerja keuangan, pengaruh produk pada konsumen, dan kemampuan perusahaan menjual produk premium. | sumber : tempo