Anggun Beraksi di Grand Final Eurovision

    19
    0

    ANGGUN tampil di grand final Eurovision Song Contest 2012 di Baku, Azerbaijan. Mewakili Perancis, penyanyi kelahiran Indonesia ini bersaing melawan kontestan dari 26 negara di Eropa dalam kontes lagu-lagu pop terkemuka di Benua Biru itu.

    Dikutip dari eurovision.tv, para kontestan terjaring  melalui serangkaian tahap penyisihan yang cukup ketat.

    Sebanyak 10 kontestan terjaring melalui babak semifinal pertama, 10 kontestan dari semifinal kedua, sisanya dari negara-negara yang lolos tahap prakualifikasi pada kontes sebelumnya: German, Inggris, Prancis, Spanyol, Italia, dan Azerbaijan selaku tuan rumah.

    Di malam puncak tersebut, Anggun menyanyikan lagu 'Echo (You and I)'. Muncul sebagai kontestan nomor #9, penyanyi yang telah 10 tahun menjadi warga negara Perancis itu tampil penuh percaya diri dalam balutan strapless transparan warna tembaga.

    Sayang, penampilan maksimal itu tak seiring dengan penilaian juri dan voting pemirsa. Anggun kalah. Yang muncul sebagai pemenang adalah kontestan asal Swedia, Loreen, dengan lagu andalan 'Euphoria.'

    "Kami kecewa dengan hasilnya, kami sudah mencurahkan seluruh energi di panggung dan melakukan yang terbaik yang kami bisa. Catatan untuk diri sendiri: jangan tersinggung," tweet @Anggun_Cipta, akun Twitter resmi Anggun.

    Anggun yang sempat populer dengan lagu 'Tua-tua Keladi', meninggalkan Indonesia dan merintis karier sebagai penyanyi internasional sejak 1996. Albumnya 'La neige au Sahara' atau 'Snow on the Sahara' menembus tangga lagu Eropa dan internasional pada 1997. (ren) | sumber: vivanews