Amankah produk melamin rumah tangga Anda?

SAAT ini banyak peralatan makan dan minum yang terbuat dari plastik dan melamin seperti mangkuk, piring, gelas, garpu atau sendok dan peralatan lainnya. Produk-produk ini sering dipilih karena tak mudah pecah. Selain itu warna-warnanya yang menarik dan beragam sering menjadi pemikat.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan melamin bisa berdampak pada kesehatan seseorang.  Melamin yang terserap tubuh secara terus menerus bisa mengakibatkan gangguan lambung, keracunan pada ginjal jika melewati batas toleransi tubuh perhari yaitu 0,2 mg/kg berat badan tubuh.

Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen Balai Pemeriksaan Obat dan Makanan Aceh, Mulia Warman, kepada ATJEHPOSTcom hari ini mengatakan bahwa peralatan makanan dan minuman yang terbuat dari resin atau plastik melamin formaldehyde disebut juga melamin asli.

Namun katanya banyak produk mirip melamin yang dijual lebih murah sebetulnya terbuat dari urea formaldehyde atau melamin tiruan. Secara kasat mata katanya hampir sama, namun melamin tiruan ini lebih mudah melepaskan formaldehydenya saat terkontaminasi dengan panas dan minyak.

"Apabila melamin tiruan ini dimasukkan makanan yang panas dan berminyak maka dia akan mudah melepaskan melamin, uap formaldehydenya akan bermigrasi ke dalam makanan. Formaldehyde dikenal masyarakat sebagai formalin yang bisa menyebabkan kanker saluran pernafasan jika terhirup dalam jangka yang lama, jika tertelan dapat menyebabkan rasa terbakar pada tenggorokan dan mulut,” ujarnya, Selasa, 12 Februari 2013.

Untuk mengenali melamin asli dan tiruan katanya bisa dilihat dari bentuknya, melamin asli lebih mengkilat sedangkan yang tiruan terlihat kusam.

“Secara fisik, melamin asli lebih berat dan tebal. Melamin palsu lebih terkesan sebagai plastic,” katanya.[] (ihn)

Leave a Reply