Akibat Tumpah Oli, Laut Sabang Tercemar Hingga Radius 500 Meter

    9
    0

    SABANG – Pencemaran laut di lokasi pelabuhan penyeberangan teluk Balohan Sabang akibat tenggelamnya Ponton atau dermaga apung pada Minggu, 10 Juni 2012 lalu diperkirakan sudah mencapai radius 500 meter.

    Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Penanggulangan dan Pengawasan Bapedalda Sabang, Amirza, kepada The Atjeh Post, Selasa, 12 Juni 2012.

    Menurut Amirza, sampai saat ini Pemko Sabang sudah melakukan beberapa alternatif untuk menghambat terjadinya pencemaran lingkungan seperti melakukan penyedotan dan peresapan oli bekas di permukaan laut.

    "Sejak kemarin kita sudah melakukan penyerapan bekerjasama dengan Pertamina," kata Amirza.

    Dikatakan Amirza, keterlibatan Pertamina merupakan bentuk kerjasama dengan Pemko Sabang untuk menanggulangi bertambahnya penyebaran dan rembesan oli bekas di area pelabuhan tersebut.

    Akibat kondisi ini, untuk sementara waktu kapal cepat terpaksa bersandar di dermaga lama, sekitar 100 meter dari posisi semula, walaupun beresiko karena terlalu kecil namun terpaksa digunakan untuk sementara.

    "Kita berharap Ponton tersebut dapat segera diperbaiki hingga penyeberangan dapat berjalan lancar kembali," ujarnya.

    Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa pencemaran laut tersebut diakibatkan oleh tumpahnya empat ton oli bekas yang selama ini ditimbun di Ponton di dermaga Sabang. Akibatnya air laut telah berubah warna dan biota laut seperti ikan, terumbu karang menjadi terancam.[]

    Berita sebelumnya:

    Pantai Sabang Tercemar Satu Ton Oli Bekas