Agar Otak Anak Anda Encer, Cukupi Kebutuhan Karbohidratnya!

    12
    0

    Pakar Teknologi Pangan dan Gizi Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB Prof. Made Astawan mengatakan salah satu unsur nutrisi yang paling dibutuhkan anak dalam usia tumbuh kembang adalah karbohidrat.

    “Di sistem pencernaan, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa dan diolah menjadi energi, kemudian karbohidrat dapat berfungsi untuk memastikan protein dapat berperan sebagai zat pembangun dan memastikan optimalisasi fungsi otak anak,” kata Made kepada pers, di Jakarta, Rabu.

    Menurut Made, dalam bekerja, otak hanya mempergunakan glukosa sebagai sumber energi dan sementara cadangan energinya sangat sedikit. Oleh karena itu, ketersediaan glukosa dari beragam sumber secara konstan harus tetap terjaga agar otak bekerja dengan baik.

    Glukosa, menurut Made bisa didapat dari bahan alami seperti gula tebu yang mengandung sukrosa, kemudian sukrosa di dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa dan fruktosa.

    “Yang belum banyak disadari masyarakat adalah perkembangan otak didukung oleh banyak nutrisi, artinya tidak ada satupun nutrisi yang bisa dikatakan paling penting.,” tambah Made.

    Selain glukosa sebagai sumber energi bagi otak, lanjut Made, diperlukan pula asam lemak esensial (DHA dan AA), kolin dan zinc yang bila dipadukan dalam jumlah presisi akan memiliki peranan penting dalam memaksimalkan otak

    “Nutrisi untuk perkembangan otak, harus terdiri dari beberapa komponen, yaitu vitamin, mineral, protein, lemak dan karbohidrat,” ungkapnya. [sehatnews.com]