8 Batalyon TNI Back Up Polisi Amankan Pilgub Sumut

    27
    0

    MEDAN – Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen Loudewijk F Paulus menyatakan TNI di jajarannya akan membantu polisi mengamankan Pilgub Sumut pada 7 Maret 2013. Mereka akan membantu memberikan seperlima kekuatan pengamanan.

    "Kami akan memback-up seperlima atau 20 persen kekuatan pengamanan. Bukan hanya dari Kodam I/BB, jadi ada unsur TNI AU, TNI AL, dan TNI AD," kata Lodewijk seusai meresmikan Masjid Al Ikhlas di Jalan Timor, Medan, Selasa (15/1).

    Khusus dari Kodam I/BB, sebanyak 8 batalyon plus Rindam I/BB juga disiagakan untuk membantu kepolisian dalam pengamanan Pilgub Sumut. Dia memastikan seluruh personel Kodam I/BB siap jika kepolisian meminta bantuan.

    "Kita berharap tidak ada masalah. Tapi, kita siap diminta atau tidak diminta polisi. Seperti kemarin kita juga sudah bersinergi dengan kepolisian dalam penanganan demo BBM," jelas Lodewijk.

    Menurut dia, rapat sudah digelar untuk mempersiapkan pengamanan itu. Bahkan besok Lodewijk akan memimpin operasi yustisi agar pasukannya lebih siap sebelum terlibat dalam pengamanan Pilgub Sumut.

    Di tempat terpisah, Kapolda Sumut Irjen Wisjnu Amat Sastro mengatakan jajarannya akan mengawal seluruh tahapan Pilgub Sumut. "Kalau kita hitung mundur, tinggal 47 hari lagi. Karena itu saya cek kesiapan semua jajaran. Alhamdulillah Polresta Medan sudah siap," ujar Wisjnu seusai meninjau kesiapan di Polresta Medan.

    Dia menambahkan, pengamanan TPS pada Pilgub Sumut akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan. "Itu tergantung nanti. Kalau kira-kira semua aman, 1 polisi untuk 2 TPS, kalikan saja jumlahnya," sebut Wisjnu saat berkunjung ke Mapolresta Medan.

    KPU Sumut sudah menetapkan 26.443 TPS akan disebar di 33 kabupaten/kota Pilgub Sumut. Sebanyak 10.295.013 jiwa pemilih sudah dinyatakan berhak memilih pada pilkada ini.

    Terdapat lima pasangan yang akan bertarung pada Pilgub Sumut, yaitu Gus Irawan Pasaribu-Soekirman, Effendi MS Simbolon-Jumiran Abdi, Chairuman Harahap-Fadly Nurzal, Amri Tambunan-RE Nainggolan, dan Gatot Pudjonugroho-T Erry Nurradi. | sumber: merdeka.com