5.900 Guru Dayah dan Balai Pengajian Terima Uang Jerih

SEBANYAK 5.900 lebih guru dayah dan balai pengajian di Aceh Utara menerima ikramiah (uang jerih) dari pemerintah setempat.

"Ikramiah untuk pimpinan dayah 350 ribu, guru dayah dan guru balai pengajian masing-masing 250 ribu per bulan, dibayar per triwulan langsung (ditransfer) ke rekeningnya," kata Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Utara, M Idris T didampingi Kasie Bina Hukum Bidang Dayah, Abdullah kepada Atjehpost.co, di Lhokseumawe, Rabu, 17 September 2014.

Idris menyebut jumlah dayah di Aceh Utara yang terdaftar pada Dinas Syariat Islam sebanyak 183 unit tersebar di 27 kecamatan. Sedangkan balai pengajian mencapai 2.676 unit.

Dari jumlah itu, guru balai pengajian 3.908 orang dan guru dayah 2.018 orang. Guru dayah paling banyak di Kecamatan Dewantara, Lhoksukon, Tanah Jambo Aye, Muara Batu, Baktya, Sawang, Langkahan dan Nisam (masing-masing 120-173 orang lebih).

Sisanya tersebar di kecamatan lainnya. Sedangkan guru balai pengajian paling banyak di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Dewantara, Lhoksukon, Baktya, dan Muara Batu (masing-masing 20 0-300 orang lebih). 

"Bantuan lainnya untuk dayah dan balai pengajian yang selama ini kita berikan, dalam bentuk fisik baik bangunan baru maupun rehab. Juga sarana dan prasara seperti komputer. Ada juga pelatihan-pelatihan untuk dayah dan balai pengajian," kata Idris. 

Menurut dia, bantuan yang diberikan sesuai kemampuan keuangan Pemerintah Aceh Utara saban tahun anggaran.

Leave a Reply