5 Alasan untuk mempertimbangkan perubahan karir

    27
    0

    PERNAH merasa Anda bisa melakukan yang lebih baik daripada karir yang sedang dijalani sekarang? Apakah Anda merasa ada pekerjaan lain di luar sana yang lebih sesuai dengan kemampuan, gaya hidup, dan cita-cita? Kebanyakan orang merasakan hal ini, namun banyak juga yang bertahan dan merasa bahwa mengubah karir bukanlah pilihan.

    Mengubah karir adalah pilihan yang tak mudah bagi banyak orang. Meninggalkan karir yang telah ada demi karir yang belum tentu lebih baik tentu membuat banyak orang mundur demi kenyamanan. Namun jika Anda memiliki beberapa alasan di bawah ini, kemungkinan Anda layak untuk mempertimbangkan perubahan karir, seperti dilansir oleh Shine! (29/07).

    1. Ini adalah pekerjaan 'terpaksa'
    Bagi beberapa orang, karir yang mereka jalani saat ini bukan karir yang mereka pilih. Bisa jadi seseorang membantu mereka mendapatkan pekerjaan untuk membayar tagihan. Atau mereka mendapatkannya dengan skill standar yang mereka miliki, namun tak bisa membayangkan melakukan pekerjaan ini 20 tahun lagi.

    Jika karir yang Anda miliki sekarang hanyalah sebuah batu loncatan, kesibukan sementara untuk membayar tagihan, dan tak ada sangkut-pautnya dengan hal yang ingin Anda kejar, maka sebaiknya mulai pertimbangkan untuk mengubah karir. Coba ketahui minat Anda dengan lebih jelas, kemudian sesuaikan dengan skill yang Anda miliki. Apa yang Anda sukai dan apa yang akan membuat Anda bahagia. Kemungkinan Anda akan mendapatkan satu bayangan pekerjaan di benak Anda. Itulah yang sebaiknya Anda kejar.

    2. Perubahan hidup memunculkan ketertarikan baru
    Tak jarang perubahan besar dalam hidup kemudian mengubah segalanya dalam diri Anda. Mulai dari perspektif, cara pandang, kehidupan, atau prioritas. Ini adalah alasan yang baik untuk mulai mengevaluasi lagi pilihan Anda, termasuk terhadap karir. Namun Anda tak perlu menunggu memiliki anak atau menikah untuk mengevaluasi karir Anda. Bisa jadi hal-hal yang Anda temui sehari-hari bisa menjadi inspirasi baru untuk membuat bisnis sendiri atau banting setir ke pekerjaan lain.

    3. Pekerjaan di bidang Anda memburuk
    Prospek di bidang tertentu memburuk karena ada bidang lain yang lebih maju dan berkembang pesat. Hal ini bisa terjadi kapan saja. Jika prospek di bidang kerja Anda yang awalnya menjanjikan, kemudian semakin lama semakin memburuk, maka mengubah pekerjaan adalah hal yang masuk akal, dan justru baik. Perhatikan bidang kerja yang sesuai dengan skill dan cita-cita Anda, namun jangan lupa untuk selalu melihat prospek pekerjaan tersebut ke depannya.

    4. Pikirkan bidang baru
    Seiring dengan prospek pekerjaan lain yang menurun, bukan tak mungkin nantinya akan muncul bidang-bidang baru sesuai dengan perkembangan zaman. Saat ini isu-isu seperti lingkungan hidup, global warning, dan teknologi semakin memanas. Apakah Anda melihat diri Anda sebagai seorang pionir untuk bidang yang tengah berkembang ini? Jangan ragu-ragu untuk mulai mengembangkan bidang baru dengan kemampuan Anda. Misalkan Anda bisa menjadi konsultan lingkungan hidup, energi alternatif, manajemen jejaring sosial, atau development aplikasi.

    5. Pekerjaan tak menawarkan nilai yang Anda inginkan
    Nilai dasar yang dimiliki seseorang adalah kepercayaan yang penting untuk menjadi panduan bagi kehidupan. Nilai-nilai dasar ini bisa mengenai kepemimpinan, kreativitas, stimulasi intelektual, dan lainnya. Coba tanyakan pada diri Anda, apakah nilai-nilai yang Anda miliki? Apakah pekerjaan saat ini sesuai dengan kreativitas yang Anda harapkan, apakah pekerjaan ini menjanjikan jenjang kepemimpinan yang Anda inginkan? Jika tidak, mengubah karir adalah salah satu pilihan yang baik. Karena prinsip-prinsip semacam ini membuat seseorang bersemangat untuk menjalani pekerjaan mereka dengan baik dan optimal. Jika hal yang Anda kejar tak ditawarkan oleh pekerjaan yang ada sekarang, masuk akal jika Anda mencari pekerjaan lain.

    Mengubah karir dan memilih pekerjaan lain memang tak mudah dilakukan, dan tak bisa dilakukan dengan ceroboh atau terburu-buru. Namun perlu diketahui bahwa jika karir yang tepat bagi Anda ada di luar sana, maka perubahan karir adalah salah satu jalan untuk sukses. Sebelum banting setir, sebaiknya evaluasi skill dan kekuatan yang Anda miliki, kuatkan tekad, dan tingkatkan keterampilan Anda. | sumber: merdeka