19 Kepala Daerah dan Bappeda Kursus ke Harvard

JAKARTA – Sebanyak 19 Kepala Daerah dari berbagai daerah di Tanah Air berangkat ke Amerika Serikat bersama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) masing-masing.

Mereka akan mengikuti program pendidikan dan orientasi yang diselanggarakan Harvard Kennedy School. Program ini merupakan kerjasama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Harvard Kennedy School yang difasilitasi Rajawali Foundation.

Upacara pelepasan terhadap 19 kepala daerah itu berserta kepala Bapeda dilakukan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Hotel Four Season, Rabu (12/11) malam. Hadir pada acara itu Pendiri Rajawali Foundation Peter Sondakh dan para kepala daerah yang siap berangkat ke Harvard University.Gamawan

Mendagri menjelaskan para kepala daerah dan kepala Bapeda itu berangkat ke Amerika untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam bagaimana menyusun perencanaan pembangunan di daerah masing-masing. Diharapkan, ada ilmu yang dibawa pulang untuk membangun daerah masing-masing.

“Jika daerah berhasil maka negara ini secara keseluruhan juga berhasil. Karena itu, manfaatkan program ini sebaik-baiknya. Tidak semua orang bisa masuk ke Harvard University,” kata Gamawan, kepada para kepada daerah yang akan berangkat.

Dalam kursus tersebut dilibatkan pula sejumlah perguruan tinggi negeri seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Brawijaya, untuk mendampingi para kepala daerah yang menjadi peserta kursus.

Semua biaya penyelenggaraan di Kampus Harvard University ditanggung Harvard Kennedy School. Sedangkan, biaya untuk perjalanan pulang-pergi dari APBD masing-masing daerah yang ikut berangkat.

Para kepala daerah yang mengikuti program ini adalah Bupati Padang Pariaman, Bupati Pasaman, Bupati Bangka Barat, Bupati Bangka Tengah, Bupati Belitung Timur, Bupati Sumenep, Bupati Badung, Bupati Klungkung, Bupati Dompu, Wali Kota Samarinda, Bupati Gorontalo, Bupati Sigi, Bupati Gowa, Bupati Minahasa Selatan, Bupati Mamuju Utara, Bupati Luwu Utara, Bupati Konawe Selatan, Bupati Seram Bagian Timur, dan Bupati Keerom. | sumber: beritasatu

Leave a Reply