19 Kelompok Tani di Kecamatan Kaway XVI Buka Kebun Karet

MEULABOH – 19 desa di Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat kini mulai membuka kebun karet baru guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di kecamatan tersebut.

Camat Kaway XVI, M Amin, kepada ATJEHPOSCom, Sabtu, 20 Oktober 2012 mengatakan pembukaan lahan tersebut merupakan lanjutan dari tahun 2011 sebagai pilot project atau proyek percontohan di 12 desa.

Setelah melihat keberhasilan dari 12 desa melalui proyek sebelumnya kata dia, tahun ini masyarakat di 19 desa kembali membentuk kelompok tani di desa masing-masing untuk mengajukan program kegiatan tersebut.

Porgram ini merupakan kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui dana otonomi khusus atau otsus pemerintah Provinsi Aceh, di bawah Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh yang bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan  Aceh Barat untuk tahun anggaran 2013.

“Kita harapkan kegiatan ini nantinya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kecamatan Kaway XVI yang mandiri,“ ujarnya.

Ke 19 desa tersebut adalah Desa Peunia, Desa Meunasah Rambot, Desa Simpang, Desa Tumpok Ladang, Desa Beureugang, Desa Pasi Jeumpa, Desa Meunuang Tanjung, Desa Pasi Kumbang, Desa Putim, Desa Drien Caleu, Desa Aleu Tampak, Desa Blang Dalam, Desa Pasi Ara, Desa Tanjung Meulaboh, Desa Teupin Panah, Desa Muko, Desa Tanjung Bungong, Desa Beureugang, dan Desa Blang Geunang.

Dari 19 desa tersebut kata Amin ada 21 kelompok tani penerima manfaat yang akan menggarap pembukaan kebun karet baru tersebut.

Untuk program tahun 2011 lalu kini tanaman karet petani tersebut kata Amin sudah tumbuh subur karena perawatan yang dilakukan sangat baik oleh masyarakat.[] (ihn)

Leave a Reply