UN Tingkat SMA Selesai, Akhirnya Babak Menegangkan Itu Usai

LHOKSUKON – "Akhirnya babak menegangkan ini usai juga." Sepenggal kalimat itulah yang terlontar dari puluhan siswa SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis 19 April 2012, usai mengikuti sesi terakhir dari Ujian Nasional (UN).

Saat keluar dari ruang belajar, puluhan siswa mengembangkan senyumnya. Di antaranya ada yang menunjukan mimik wajah penuh kekhawatiran. Beberapa berbisik,’Gimana? Tadi bisa jawab?” Yang dijawab anggukan kepala oleh yang ditanya.

The Atjeh Post mencoba menghampiri beberapa siswa yang pernah menoreh prestasi dalam sains. Bahkan salah satunya pernah membawa harum nama Aceh setelah menjadi Duta Pramuka di Sweden pada tahun 2010 lalu.

Ini kata mereka mengenai Ujian Nasional.

Miftahul Jannah, siswa kelas XII IPA 1 itu mengatakan, semua perasaan campur aduk menjadi satu, mulai dari deg-degan, cemas, galau, dan gelisah. “Saya sudah berusaha maksimal dalam menjawab setiap pertanyaan yang ada. Semoga bisa lulus dengan hasil yang memuaskan,” ujar Miftah yang berencana melanjutkan studinya ke Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara.

Sahabat karibnya, Uswatun Hasanah, kelas XII IPA 5 menambahkan, rasanya 3T alias Takut Tingkat Tinggi. “Ujian Nasional merupakan penentuan masa depan. Sesiap apapun kita belajar, pasti ada rasa deg-degan,” ujarnya tersenyum.

Kata dia, dalam menghadapi Ujian Nasional, ia telah mempersiapkan diri sejak awal dimulai saat duduk di bangku Kelas X. “Semoga saya lulus dan bisa melanjutkan studi ke Fakultas Ekonomi UNSYIAH jurusan Akutansi. Itu impian saya sejak dulu,” ucap Atun.

Di lain pihak, Arif Hidayat yang sempat menjadi Duta Pramuka perwakilan Aceh ke Sweden pada tahun 2010 itu menyebutkan, rasanya ikut UN itu abu-abu, ada senang ada khawatir juga.

“Seperti apapun rasanya, yang terpenting yakin dan percaya diri mengingat persiapan ini sudah saya lakukan sejak tiga tahun lalu,” ujar Arif yang berniat menjebol Universitas Indonesia atau UPN Veteran Yogyakarta.
 
“Saya ingin mengambil jurusan bisnis,” tutup penerima beasiswa Presiden University itu.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply