Ulil-Demokrat: Akhlak Politik PKS Tidak Saleh

JAKARTA – Ketua Bidang Pengembangan Strategi dan Kebijakan DPP Partai Demokrat, Ulil Abshar Abdalla, menyebut Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menampilkan sikap politik yang tidak dapat diteladani. Ulil mengatakan, sebagai partai koalisi, seharusnya PKS mendukung kebijakan pemerintah menaikkan BBM.



"PKS buat saya akhlak politiknya tidak saleh. Menunjukkan perangai tidak layak," kata Ulil dalam konferensi pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 31 Maret 2012.



Ulil menilai, sejak awal PKS selalu resisten terhadap kebijakan pemerintah. Oleh karenanya, akan lebih jantan kalau menarik menterinya dari pemerintah. "Akhlak politik PKS akan menjadi baik kalau menolak sekaligus menarik menteri-menterinya dari pemerintah," ujarnya.



Ditanya mengapa tidak Partai Demokrat atau SBY sendiri yang tidak mengambil inisiatif untuk mengeluarkan PKS dari koalisi atau menteri-menteri mereka dari pemerintahan, Ulil mengatakan, secara adab politik, PKS seharusnya mencabut menteri-menterinya sendiri.

"Setelah semalam, situasi moral PKS sudah dilematis. Misalnya, dua bulan mendatang BBM naik, bagaimana Tifatul jelaskan ke masyarakat. Susah sekali. Mensos dan menteri pertanian juga. Secara moral PKS ada di posisi sulit," kata Ulil.



Ulil melihat opsinya jauh lebih masuk akal jika mereka mengucapkan salam mengundurkan diri. "Itu jelas lebih baik," ucapnya. | sumber: vivanews.com
 

  • Uncategorized

Leave a Reply