UIN Ar-Raniry Anugerahi Doktor HC kepada Menpan Azwar Abubakar

UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan menganugerahkan gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Ir. H. Azwar Abubakar, MM pada Sabtu, 21 Juni 2014 mendatang di Auditorium Prof Ali Hasjmy Ar-Raniry.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof. H. Farid Wajdi Ibrahim, usai memimpin rapat evaluasi panitia kemarin, Senin 16 Juni mengatakan, pemberian gelar doktor kehormatan ini merupakan apresiasi atas pertisipasinya dalam memperjuangkan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di Aceh.

“Ir. Azwar Abubakar sebagai Menpan RB merupakan tokoh yang sangat sempurna dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya berkaitan dengan penegerian beberapa perguruan tinggi baik di Aceh maupun di luar Aceh. Di Aceh seperti UTU, STAIN Gajah Puteh, STAIN Langsa, di samping itu juga telah terbentuknya kopertis wilayah V di Aceh, ke depan akan lebih mudah mengontrol pendidikan di Aceh,” kata Farid.

Selain itu katanya Azwar Abubakar juga telah menegerikan beberapa kampus lain di luar Aceh, bahkan ada juga yang didirikan dari pertama, dan ada yang alih status dari swasta menjadi negeri. Ada 10 STAIN yang menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Selama ia menjadi Menpan dinilai telah banyak memberi perhatian khusus di bidang pendidikan.

Menurut Farid, selama Azwar Abubakar menjabat sebagai wakil gubernur dan pelaksana tugas Gubernur Aceh juga sangat memberi perhatian besar di bidang pendidikan. Saat itu kondisi Aceh dalam masa konflik, ia banyak membantu sekolah-sekolah yang dibakar pada masa itu.

Lebih lanjut Rektor menambahkan, secara pribadi Azwar sangat fokus pada dunia pendidikan, misanya telah didirikannya Darul Aitam di Pidie dan dayah di Seulimum Aceh Besar. Dalam setiap kesempatan menyampaikan orasi ilmiah, materi yang disampaikannya juga sering terkait dengan pendidikan, ia mengaitkan tentang integrasi antara ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umum.

“Bagi UIN Ar-Raniry peran Bapak Azwar Abubakar sangat besar dalam perubahan status dari IAIN menjadi UIN Ar-Raniry yang merupakan kampus kebenggaan mayarakat Aceh, beliau telah bekerja keras untuk terwujudnya alih status kampus Ar-Raniry, Azwar Abubakar sangat berperan dalam hal ini,” ujar Ketua Forum Rektor PTAIN se-Indonesia.

Sementara Ketua Panitia Dr. H. Muhibbuthabry, mengatakan, penganugerahan gelar Honoris Causa kepada Azwar Abubakar didasari pada kemampuan akademik yang dimilikinya selama memimpin Aceh baik pra dan pascatsunami, yang ditandai dengan keberhasilannya dalam membangun Aceh secara keseluruhan.

“Banyak prestasi dan keberhasilan Azwar Abubakar dalam membangun Aceh khususnya lembaga pendidikan termasuk IAIN yang saat ini telah menjadi UIN Ar-Raniry, jasa beliau sangat besar dalam memperjuangkan alih status IAIN menjadi UIN,” kata Wakil Rektor I bidang Akademik.

Muhibbuthabry menambahkan, selain itu Azwar Abubakar juga telah lama membantu dalam pembangunan kampus yang berada di Kopelma Darussalam ini. Selain pengabdiannya, orang tua Azwar Abubakar dulunya juga salah seorang dosen/ karyawan yang sangat lama mengabdi di kampus itu.

Pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada Azwar Abubakar merupakan yang pertama dilakukan oleh UIN Ar-Raniry sejak berdiri 50 tahun silam. Prosesi ini akan dilaksanakan dalam Rapat Senat Terbuka yang dihadiri oleh seluruh anggota senat UIN Ar-Raniry, dosen di lingkungan UIN Ar-Raniry, selain itu panitia turut mengundang Kementerian Agama, Kemenpan-RB, Forum Rektor se-Indonesia, Rektor Perguruan Tinggi se-Aceh, Gubernur, SKPA, ketua Partai, Bupati dan Wali kota se-Aceh serta pejabat lainnya yang diperkirakan mencapai 800 orang.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply