Turki Buka Bank Islam Pertama di Jerman

Turki Buka Bank Islam Pertama di Jerman

ISTANBUL – Kuveyt Türk jadi bank pertama di Jerman, yang mengoperasikan sistemnya sesuai aturan syariah secara penuh setelah mendapat izin otoritas keuangan setempat. Kantor di Mannheim, Jerman merupakan cabang pertama bank yang berbasis di Turki itu.

Bank yang beroperasi sesuai aturan syariah tidak boleh terlibat dalam investasi spekulatif atau investasi yang bertentangan dengan hukum Islam. Bank Islam tidak boleh memberlakukan punya atas jasa pembiayaan yang mereka berikan.

Kepala Kuveyt Türk Kemal Ozan mengatakan, permintaan akan adanya institusi keuangan syariah sedemikian besar, terutama di Jerman, rumah bagi empat juta Muslim yang tinggal di sana.

”Riset pasar yang kami lakukan menunjukkan 21 persen Muslim di Jerman menginginkan hadirnya bank Islam,” kata Ozan seperti dikutip Daily Sabah, Kamis (2/7).

Analisis Kuveyt Türk, potensi volume pasar keuangan Islam di Jerman mencapai 1,6 miliar euro (1,73 miliar dolar AS). Keuangan Islam masih tumbuh terbatas di Eropa karena fragmentasi pasar dan kurangnya regulasi spesifik bagi industri ini.

Inggris masih jadi pusat keuangan Islam utama Eropa dengan lima bank Islam penuh, di susul Luksemburg. Pada 2004, Pemerintah Saxony-Anhalt, Jerman berhasil mengumpulkan dana dari penerbitan sukuk.[] sumber: republika.co.id

Leave a Reply