Tu Sop Jeunieb: HUDA Hadir Jauh Sebelum Indonesia Merdeka

HIMPUNAN Ulama Dayah Aceh (HUDA) merupakan organisasi yang lahir jauh sebelum Indonesia merdeka.

Hal ini disampaikan oleh Teungku Haji Muhammad Yusuf A. Wahab yang akrab disapa Tu Sop saat membuka membuka Muswil Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Kabupaten Pidie Jaya. Tu Sop adalah salah satu pimpinan HUDA Pusat Provinsi Aceh.

Kata Tu Sop,  Aceh di masa jayanya tidak pernah lepas dari peran ulama, termasuk dalam hal pendidikan.

“HUDA hanya sebuah stempel terhadap lembaga. Sesungguhnya dayah telah hadir di Aceh sebelum Indonesia merdeka. Kita tidak pernah meragukan kemandirian dayah lewat modal keikhlasan,” kata Tu Sop.

Seandaipun tanpa dukungan pemerintah, kata Tu Sop, dayah terbukti bisa bertahan hingga  hari ini. 

“Alhamdulilah pemerintah sekarang menaruh perhatian terhadap dayah. Memperkuat dayah secara otomatis memperkuat umat,” ujarnya.

Kata Tu Sop, HUDA dengan segala jajarannya adalah benteng pertahanan  agama di tingkat masyakat hingga paling bawah.

“Butuh dukungan dari kekuasaan untuk memperkuat eksistensi ulama dayah. Sekarang kita berada bukan di zaman otokrasi tetapi di zaman demokrasi. Bagaimana menyikapi perbedaan tapi tidak memecah belah sesama kita. Kita tidak ingin itu terjadi,” ujarnya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Aceh bersama Pangdam Iskandar Muda dan Kapolda Aceh berkunjung ke Dayah Darul Munawwarah pimpinan Abu Kuta Krueng di Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Senin 27 Oktober 2014. 

Kunjungan itu dalam rangka memperkokoh silaturahim dengan ulama seluruh Aceh yang datang ke Dayah Darul Munawwarah. Para ulama Aceh hari ini berkumpul di dayah Abu Kuta Krueng untuk memilih pengurus baru Himpunan Ulama Dayah Aceh atau HUDA.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply