Triangle Pase Inc Produksi 2 Juta Kaki Kubik Gas Per Hari

PANTE BIDARI- Triangle Pase Inc saat ini mampu memproduksi 2 juta kaki kubik gas alam per hari di Blok Pase, di Desa Blang Seunong, Pante Bidari, Aceh Timur. Perusahaan milik Triangle Energy Limitted asal Australia ini tengah memperjuangkan perpanjangan kontrak kerja sama dengan pemerintah pusat melalui BP Migas.

“Sejak Juli 2009, Triangle Pase Inc berhasil memproduksi kembali sumur gas A1 dan A5 (di Blok Pase) dengan hasil produksi yang baik. Produksi kita sekarang 2 juta kaki kubik gas per hari. Ke depan kita berharap bisa bertambah lagi dengan hasil-hasil baru,” kata Manager Lapangan Triangle Pase Inc, Stuart Liddle, saat ditemui di lokasi kilang produksi perusahaan ini, di Desa Blang Seunong, Selasa, 15 Mei 2012.

Menurut Stuart Liddle, pada Juni 2009 Triangle Energy (Global) Limitted atau TEG membeli 100 persen saham Mobil Pase Inc di Blok Pase. Lalu, Mobil Pase Inc diubah nama menjadi Triangle Pase Inc.

“BP Migas mencatat perubahan nama tersebut dalam suratnya tertanggal 17 September 2009,” kata Stuart Liddle didampingi Manager Urusan Umum Djakfar Husein dan Humas (Public Relation) Razali Jafar.  .

“Blok Pase berhenti beroperasi pada tahun 2006 disebabkan produksi air yang tinggi. Setelah beralih tangan pada Juni 2009, Triangle Pase Inc berjuang keras untuk memproduksi kembali sumur gas yang telah ditutup (oleh ExxonMobil) pada tahun 2006,” kata Razali Jafar.

Razali Jafar menyebutkan di kawasan tersebut masih banyak lokasi yang belum dibor untuk menemukan cadangan gas alam. Kini, kata Razali Jafar, Triangle Pase Inc fokus memperjuangkan perpanjangan kontrak dengan BP Migas. Sebab sesuai kontrak yang telah ada, operasional perusahaan ini di Blok Pase akan berakhir pada Agustus 2012.

Itu sebabnya, menurut Razali Jafar, pihaknya tidak bisa melakukan drilling exploration untuk menemukan cadangan gas baru mengingat waktu yang terbatas. “Maka kita fokus perpanjangan kontrak. Gubernur Aceh telah memberi dukungan, tinggal sekarang memperoleh persetujuan BP Migas,” katanya.[]

 

  • Uncategorized

Leave a Reply