Home Travel Peserta Sail Tomini Rikar Maulana Kampanyekan #AyokeLaut & #JagaLaut

Peserta Sail Tomini Rikar Maulana Kampanyekan #AyokeLaut & #JagaLaut

82
0

PESERTA Kapal Pemuda Nusantara dan Sail Tomini 2015 asal Aceh, Rikar Maulana Putra, bersama sejumlah anak muda lainnya sedang mengampanyekan gerakan #AyokeLaut dan #JagaLaut yang akan disebarkan melalui sosial media.

Gerakan ini berawal dari perginya Rikar dan sejumlah anak muda dari berbagai komunitas di Aceh Barat Daya ke Pulau Gosong, yaitu sebuah pulau kecil yang ada di Kecamatan Susuh, Aceh Barat Daya pada 22 Juli 2015 lalu. Pulau Gosong memiliki panorama bawah laut yang indah sehingga menjadi magnet wisatawan.

“Semakin banyak yang berkunjung ke pulau ini, mulai memberikan dampak negatif akibat kebiasaan masyarakat yang masih kurang memahami pentingnya kebersihan lingkungan. Sampah bertebaran di mana-mana, ini menjadi PR besar bagi kita bersama. Sosialisasi ini terus digencarkan untuk menjaga keelokan ekosistem Pulau Gosong,” kata Rikar kepada portalsatu.com, melalui surat elektronik, Jumat, 31 Juli 2015.

#AyokeLaut dan #JagaLaut merupakan gerakan kampanye bahari untuk mengajak seluruh pemuda Indonesia untuk mencintai laut. Potensi laut sebagai salah satu karunia Allah sudah sepatutnya dijaga kelestariannya. Karena manusia juga banyak yang menggantungkan hidupnya pada laut.

“Kampanye melalui media sosial ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian dan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk menjaga laut. Karena pemuda adalah agen perubahan,” katanya.

Kampanye #AyoKeLautdan #JagaLaut bisa diikuti oleh siapa saja. Bagi yang ingin berpartisipasi bisa mengunggah foto dengan tema laut ke akun Instagram dengan tagar khusus @AyokeLaut dan #JagaLaut pada setiap foto. Foto yang menarik akan di-repost di akun Instagram @ayokelaut (instagram.com/ayokelaut) yang dikelola oleh para peserta KPN Aceh.

 Rikar merupakan satu dari empat anak muda Aceh yang lolos di program Kementerian Pemuda dan Olahraga itu. Kegiatan ini akan digelar pada akhir Agustus hingga September nanti. Kapal Pemuda Nusantara mendorong anak-anak muda yang berminat dan ingin berkiprah di dunia bahari.

Terpilih sebagai peserta Kapal Pemuda Nusantara yang akan mewakili Aceh, membuat Rikar harus memberikan aksi nyata untuk daerahnya. Salah satunya adalah dengan terus menggali informasi dan potensi tentang Pulau Gosong yang menjadi bahan proposalnya dalam program ini.

Karena itu pekan lalu ia berinisiatif untuk mengunjungi Pulau Gosong. Mereka juga mengadakan coastal cleaning dan berhasil mengumpulkan 10 kantong sampah.

“Kampanye ini juga mengimbau pengunjung yang datang ke Pulau Gosong untuk membawa pulang kembali sampahnya.”

Adapun komunitas yang terlibat dalam gerakan ini adalah komunitas fotografi Komfoos, AcehVidgram, Pusong Diving Club, dan beberapa pemuda sadar wisata.[] (ihn)