Home Travel Meuseukat, Peunajoh Mangat di Uroe Raya

Meuseukat, Peunajoh Mangat di Uroe Raya

90
0

MEUSEUKAT merupakan salah satu peunajoh mangat atau kue khas Aceh yang disajikan untuk menyambut tamu di hari-hari istimewa.

Meuseukat biasanya dengan mudah didapatkan pada hari-hari besar Islam seperti lebaran. Dalam perayaannya, masyarakat Aceh dilumrahkan menyediakan meuseukat untuk para tamunya.

Meuseukat juga disajikan pada acara pernikahan yang sengaja disajikan untuk para mempelai.

Meuseukat memiliki memiliki tekstur yang kenyal dan lapisan di atasnya dipenuhi kerak manis yang berasal dari kandungan gula. Meuseukat memiliki rasa yang sangat beragam, seperti nanas, atau sesuai selera.

Mau cicipi meuseukat khas Tanoh Rencong? Ini resepnya.

Pertama siapkan segala bentuk tempat untuk menampung bahan bakunya yang meliputi gula, tepung terigu, air putih, nanas atau (sesuai selera), buah jeruk peras dan mentega.

Tahap berikutnya memasuki proses pengolahan bahan baku. Pertama parutlah nanas, peras dan ambil airnya saja. Peras jeruk lalu campurkan dengan air perasan nanas tadi. Kemudian saring perasan jeruk dan nanas, sisihkan.

Selanjutnya masukkan air, tepung terigu dan air perasan nanas dan jerangkan ke dalam panci yang yang telah dipanaskan. Kemudian aduk terus hingga mendidih. Dan setelah mendidih masukkan mentega. Tahap ini memasuki fase pengerasan, pembuat meuseukat dianjurkan untuk mengaduk secara terus-menerus hingga meuseukat terlihat mengental dan padat.

“Proses pengadukan itu butuh kesabaran. Takarannya yaitu kalau ukuran satu kilo gula maka harus mengaduk sekitar 45 menit,” kata Saidah, salah seorang warga yang biasa membuat kue meuseukat.

Setelah itu dinginkan dan meuseukat siap disajikan.[] (ihn)