Home Travel Kerangka Manusia Purba di Gayo Disarankan Jadi Situs Wisata Edukasi

Kerangka Manusia Purba di Gayo Disarankan Jadi Situs Wisata Edukasi

103
0

TAKENGON – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Ismaniar, menemani siswa SMA N 1 Bebesen, Takengon, untuk melihat langsung tiga lokasi penting temuan arkeolog di dataran tinggi Gayo pada Selasa, 7 April 2015 kemarin.

Ismaniar mengaku takjub pada penemuan arkeolog dari Balai Arkeologi (Balar) Medan Ketut Wiratnyana. Apalagi, Ketut langsung menjelaskan hasil temuannya di tiga lokasi terpisah yaitu Loyang (gua) Mendale, Loyang Pukes dan Ceruk Mendale.

“Temuan ini luar biasa, bisa jadi studi generasi sekarang,” kata kata Ismaniar, Selasa, 7 April 2015.

Ismaniar berharap pemerintah dapat membebaskan tanah di seputaran daerah Loyang Mendale, agar kawasan tersebut dapat menjadi situs sejarah peradaban di Gayo, bahkan Sumatera.

“Ini perlu perhatian pemerintah supaya Gayo punya kekuatan sejarah yang juga diperlukan masyarakat lain. Saya pikir penelitian manusia purba ini cukup kuat menambah data sejarah Gayo,” ujar Ismaniar.

Seperti diketahui Balar Medan menemukan kerangka manusia purba di Loyang Mendale beberapa tahun lalu. Kerangka tersebut diduga nenek moyang orang Gayo. Namun hal itu masih memerlukan penelitian berlanjut.

Dalam kunjungannya ke Takengon, anggota Komisi V DPR Aceh ini juga sempat bertemu dengan para perempuan pengrajin kerawang Gayo. Ia meminta para pengrajin agar bersama-sama mengembangkan usaha kerajinan dari desa untuk mempercepat perkembangan ekonomi kerakyatan.

Kunjungan Ismaniar ke Takengon dalam rangka reses pertama di daerah pemilihan.[] (ihn)