Home Travel Agustus Nanti Ada Pacuan Kuda di Banda Aceh

Agustus Nanti Ada Pacuan Kuda di Banda Aceh

64
0

BANDA ACEH – Organisasi Olahraga Cabang Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Cabang Banda Aceh akan menggelar pacuan kuda dan ketangkasan berkuda di bantaran sungai Lamnyong Banda Aceh pada 31 Juli hingga 2 Agustus 2015 mendatang.

Ketua Pordasi Cabang Banda Aceh, Raiza Diansyah Putra, ketika dihubungi malam tadi mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memasyarakatkan olah raga berkuda sekaligus mengangkat tradisi pacuan kuda dari Gayo.

“Sebagian besar kuda akan didatangkan dari Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Gayo Lues, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi masyarakat yang berada di pesisir Aceh,” kata Rijal, sapaan Raiza Diansyah Putra, Kamis, 11 Juni 2015.

Untuk memeriahkan event itu, sekitar 150 ekor kuda akan didatangkan dari Gayo. Sedangkan untuk ketangkasan berkuda lebih kurang hanya 20 ekor.

“Itu sudah dipersiapkan, bahkan untuk ukuran lapangan di Lamnyong sudah dikondisikan sesuai peraturan pacuan dan ketangkasan,” kata Rijal.

Pordasi Kota Banda Aceh baru berdiri sejak tahun lalu. Kehadiran organisasi ini diharapkan bisa berperan aktif dalam memasyarakatkan olah raga berkuda di Aceh.

Event pacuan kuda merupakan tradisi tahunan yang telah berlangsung secara turun temurun di dataran tinggi Gayo. Dulu tradisi ini umumnya dilakukan setelah musim panen padi.

Setelah kolonial Belanda menduduki Gayo, pacuan kuda mulai digarap secara khusus. Belanda lantas menjadikan olah raga ini sebagai pertunjukan khusus untuk merayakan hari ulang tahun Ratu Belanda Willhelmina. Belanda juga menjadikan pacuan kuda bagian dari pesta kerajaan. Sekarang pacuan kuda digelar setiap tahunnya dan menjadi bagian dari perayaan peringatan HUT kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus.[] (ihn)