Total Hadiah Pacuan Kuda Tradisional Gayo Sebesar Rp 252 Juta

Total Hadiah Pacuan Kuda Tradisional Gayo Sebesar Rp 252 Juta

TAKENGON – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, mengapresiasi dua lembaga yang ikut berkontribus dalam penyelenggaraan pacuan kuda tradisional Gayo 2015 untuk memperingati HUT Ke-70 RI yang berlangsung di lapangan HM Hasan Gayo Belang Bebangka Pegasing, Senin, 17 Agustus 2015. Apresiasi tersebut diberikan Nasaruddin terkait kontribusi keduanya dalam ajang pesta tahunan rakyat Gayo tersebut.

Kedua lembaga tersebut adalah PT. Bank Aceh Cabang Takengon sebagai institusi perbankan serta Dinas Kebudayaan dan pariwisata Aceh sebagai perpanjangan dari Pemerintah Aceh.

Bank BPD menggelontorkan dana sebesar Rp 60 juta yang diperuntukkan bagi para pemenang ketiga pacuan kuda tradisional. Sementara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh mengucurkan dana sebesar Rp 76 juta yang kelak akan digunakan sebagai hadiah bagi para pememang I dari semua kelas yang diperlombakan.

“Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bank Aceh Cabang Takengon dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh atas kontribusinya dalam pelaksanaan pacuan kuda kali ini. Kami percaya sumbangan ini akan memotivasi para pemilik dan joki yang ada di Dataran Tinggi Gayo,” ujar Nasaruddin di hadapan perwakilan kedua lembaga.

Sementara itu Kepala Disbudparpora Aceh Tengah, Amir Hamzah, mengatakan tahun ini pihaknya menyediakan hadiah total sebesar Rp 252 juta kepada seluruh pememang. Hadiah tersebut termasuk sumbangan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh sebesar Rp 76 juta serta dari BPD Aceh Cabang Takengon Rp 60 juta.

Direncanakan pesta tahunan rakyat Gayo yang melibatkan tiga kabupaten tersebut berakhir pada Sabtu, 23 Agustus 2015, bersamaan dengan berakhirnya Expo Ternak VI 2015 yang juga digelar di lapangan yang sama.[](bna)

Leave a Reply