Tongkang Pengangkut 97 TKI Aceh Ditembaki dan Ditabrak Kapal Malaysia

INI adalah cerita berbeda soal tenggelamnya kapal pengangkut 97 TKI di Pulau Carey, Kuala Langat, Selangor, Malaysia, Selasa tengah malam 17 Juni lalu. Pejabat resmi dari Malaysia menyatakan kapal (tongkang) Jeti Kelanang itu tenggelam lantaran kelebihan muatan. “Itu adalah cerita bohong yang memutar balikkan fakta,” kata salah seorang penumpang yang selamat yang kini sedang bersembunyi dari kejaran aparat keamanan Malaysia.

Pria yang menjadi sumber ATJEHPOSTcom ini adalah seorang penumpang yang ikut dalam tongkang itu. “Kami hendak pulang ke Aceh,” kata warga Aceh ini lagi. Tongkang yang mereka tumpangi berangkat melalui sungai Langat. “Begitu berlayar di sungai ada kapal Kastam –kapal bertulisan customs-  (Bea Cukai) langsung mengejar,” katanya tadi malam melalui saluran telepon internasional.

Begitu sudah mendekat, katanya, kapal milik Bea Cukai Malaysia itu menembaki tongkang. Kejadian ini berlangsung di muara kuala Langat. “Karena ketakutan, kapal dihentikan oleh tekong di kuala Langat,” katanya. “Namun, kapal kastam itu menabrak tongkang hingga bocor. Penumpang ketakutan, ada yang tercampak ke laut, ada yang terjun sendiri,” katanya.

Lalu, beberapa petugas bea cukai melompat ke tongkang dan mematikan mesin. “Selanjutnya mereka menanyakan siapa tekong. Tiada yang mengaku, sebab si tekong akan dipukuli. Karena tak ada yang mengaku, si petugas itu memukuli penumpang. Dua di antara kami babak belur digebuk,” katanya.

Saat pemukulan berlangsung, tak ada petugas yang berusaha menyelamatkan penumpang yang sudah terjun bebas ke laut. “Mereka membiarkan tongkang tenggelam, baru setelah tenggelam mereka mengangkut penumpang dari dalam laut,” katanya.

Akibatnya, 14 dari 97 TKI Aceh yang menumpang tongkat itu tewas di dalam laut. Di antaranya, jenazahnya sudah diantar ke Aceh. Selebihnya selamat. Di antara mereka ada yang masuk dalam tahanan Kastam. Mereka dituduh pendatang haram.

Belum ada keterangan resmi soal ini dari pihak yang berwajib Malaysia. Sejauh ini pihak KBRI di Malaysia juga belum menyingkap kebenaran cerita ini. Adapun pihak Malaysia sudah merilis cerita bahwa tongkang tenggelam lantaran kelebihan muatan.

Cerita tongkang ditabrak dan ditenggelamkan ini sudah mulai bergulir di Aceh.[]

 

  • Uncategorized

Leave a Reply