Tips Memilih Produk Sehat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Aceh

BANDA ACEH – Terkait maraknya penjualan produk ilegal dan tidak terdaftar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kepala BPOM Aceh Syamsuliani, berbagi tips agar masyarakat tidak terjebak saat membeli produk-produk tersebut.

Kepada ATJEHPOSTcom, ia mengatakan saat membeli suatu produk pastikan melihat kode registrasinya terlebih dahulu. Kode registrasi tersebut merupakan langkah awal yang menandakan sebuah produk bermutu atau tidak.

“Registrasi itu berupa pendaftaran sebuah produk ke BPOM, dalam registrasi produk itu terlebih dahulu diuji apakah bermutu atau tidak,” katanya, Rabu, 30 Januari 2013.

Selain itu pembeli juga bisa memeriksa label yang tertulis dengan jelas, begitu juga dengan kode batas kadaluarsa yang biasa ditandai dengan kode “exp” atau expired. Namun dalam beberapa produk katanya hanya dituliskan kode tahunnya saja, namun ada juga kemasan yang mencantumkan kode lengkap mulai dari tanggal dan bulan serta tahun.

“Bila hanya tahun saja maka kita berpedoman pada tahun itu saja, misalnya akhir tahun seperti di bulan 12 atau Desember, maka lewat dari bulan itu sudah tahun lain dan sudah termasuk kadaluarsa,” ujarnya.

Sedangkan jika kodenya mencantumkan tanggal, maka harus berpatokan pada tanggal tersebut. Namun jika ada perubahan ciri-ciri produk meskipun tanggal kadaluarsanya belum lewat sebaiknya produk tersebut jangan dipakai lagi.

Selanjutnya dengan memilih identitas produknya, seperti bentuk fisik sebuah produk ketika sudah berubah warna, itu juga patut dicurigai.[] (ihn)

Berita terkait:

BPOM Aceh Sosialisasikan Pentingnya Registrasi Makanan pada Pelaku Usaha

  • Uncategorized

Leave a Reply