Tingkatkan Pelayanan, RSU Nagan Raya Akan Menjadi BLUD

SUKAMAKMUE – Untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan administrasi keuangan, pihak Rumah Sakit Umum Daerah Nagan Raya tengah mempersiapkan status RSU tersebut dari Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Hal itu disampaikan Firdaus, Kepala Bagian Tata Usaha RSU Nagan Raya, Rabu 23 Mei 2012. "Perubahan ini dapat mempercepat pelayanan terutama dalam pengelolaan keuangan," ujarnya.

Menurut Firdaus, selama ini setiap keuangan masuk kerekening rumah sakit kemudian akan dimasukkan kedalam kas daerah.

"Masalahnya sangat terkendala karena banyak proses yang harus dilalui untuk mencairkan keuangan tersebut, dengan menjadi BLUD nantinya keuangan langsung akan dikelola olah manajemen rumah sakit sehingga setiap keperluan bisa dengan cepat,” tambah Firdaus.

Selain itu Ia juga mengatakan selama ini kebutuhan harus di usulkan kepada pemerintah dan setelah ditelaah baru anggaran dapat dicairkan, selain tidak efektif juga akan berakibat keterlambatan pelayanan dari pihak rumah sakit kepada pasien.

Sementara itu, Adifal Susanto, seketaris Komisi D yang membidangi kesehatan, mengatakan pihak DPRK nagan raya telah mengintruksikan kepada pihak rumah sakit untuk mengajukan perubahan SKPD menjadi BLUD.

“DPRK sangat setuju bahkan telah mengatakan untuk segera diusulkan, selain itu APBK 2012 telah mengalokasikan anggaran sebesar 15juta untuk bimbingan teknis BLUD para staf rumah sakit tersebut," ujar Susanto.[]

Bahkan Kata Susanto pihak rumah sakit beberapa waktu lalu telah melakukan studi banding ke pulau Jawa terkait teknis pelayanan BLUD beberapa waktu lalu.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply