Tingkatkan Pelayanan KB, Kodim 0106 Aceh Tengah Gelar Bakti Sosial

Tingkatkan Pelayanan KB, Kodim 0106 Aceh Tengah Gelar Bakti Sosial

TAKENGON – Melalui program kemitraan dengan Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh Tengah, Kodim 0106 Aceh Tengah melaksanakan kegiatan bakti sosial untuk meningkatkan pelayanan tentang Keluarga Berencana dan kesehatan.
Bakti sosial ini dipusatkan di Kampung Arul Kumer pada Rabu, 26 Agustus 2015. Turut dihadiri Bupati Aceh Tengah Nasaruddin, Ketua DPRK Aceh Tengah Muchsin Hasan, Dandim 0106 Aceh Tengah Letkol Arm. Ferry Ismail, Kapolres Aceh Tengah AKBP Dodi Rahmawan, dan perwakilan dari BKKBN Aceh Nur Zikra.
Selain itu dihadiri juga oleh Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Tengah Apini Nasaruddin, Ketua Persit KACK dan Ketua Bhayangkari Polres Aceh Tengah.
“Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan teritorial yang hadir melalui kemitraan TNI dengan BKKBN,” ujar Dandim Ferry Ismail di sela acara pembukaan kegiatan yang populer disingkat TMKK (TNI Manunggal KB Kesehatan), Rabu, 26 Agustus 2015.
Menurut Ferry program yang sifatnya bakti sosial tersebut dilakukan untuk menuntaskan masalah kependudukan.”Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan mulai dari pengobatan gratis, khitan massal, penyuluhan dan pemeriksaan KB, dan pemutaran film,” jelas Ferry.
Sementara Bupati Nasaruddin mengatakan kegiatan TMKK merupakan wujud kerjasama antara TNI dengan jajaran pemerintah daerah serta masyarakat, untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian bersama terhadap keluarga yang bahagia dan sejahtera.
“Walaupun sebenarnya, kegiatan pelayanan kesehatan maupun KB merupakan aktivitas rutin sehari-hari yang sudah dilakukan oleh petugas medis maupun penyuluh KB,” katanya.
Namun, Nasaruddin menegaskan tetap saja diperlukan kegiatan yang sifatnya massal yang tidak hanya ditujukan untuk mengobati masyarakat dalam waktu relatif singkat. Tapi juga sebagai bentuk sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan perlunya merencanakan keluarga kecil bahagia.[] (ihn)

Leave a Reply