Tingkatkan Mutu, Dinas Pendidikan Aceh Libatkan Akademisi

BANDA ACEH – Menjelang tahun baru 2013, Dinas Pendidikan Aceh telah merumuskan beberapa langkah terkait upaya memajukan dunia pendidikan di Aceh. Di antaranya adalah dengan menitikberatkan pada bidang peningkatan mutu pendidikan. Hal tersebut antara lain dilakukan dengan meningkatkan profesionalitas guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Selain itu, Dinas Pendidikan Aceh juga akan lebih melibatkan peran masyarakat serta peran para akademisi dalam memberi masukan terkait berbagai hal yang selama ini dianggap menjadi kendala kemajuan dunia pendidikan di Aceh.

“Jadi visi pendidikan kita bagaimana mewujudkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing. Ini agar pendidikan kita berkualitas dan juga mampu bersaing dengan provinsi lain,” kata Anas M Adam, Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

Untuk peran para akademisi, Dinas Pendidikan Aceh akan lebih mengaktifkan fungsi dan peran beberapa tim yang telah ada. Seperti Tim Satgas Mutu Pendidikan Aceh maupun Tim Advokasi dan Regulasi Pendidikan Aceh. Tim tersebut diisi para praktisi serta kaum akademisi yang dianggap lebih mengerti dunia pendidikan.

Budi Azhari, Ketua Tim Satgas Mutu Pendidikan Aceh kepada ATJEHPOST.com mengatakan, pihaknya akan berupaya maksimal demi mewujudkan target peningkatan mutu pendidikan Aceh sebagaimana yang ditargetkan Gubernur Aceh dan Dinas Pendidikan Aceh.

Menurut Budi, untuk langkah pertama, pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten kota saat ini harus punya komitmen yang sama dalam membenahi pendidikan. "Terutama pembenahan pada kompetenesi guru di Aceh yang masih lemah. Begitu juga dengan kompetensi siswa masih sangat rendah. Di sisi lain, tata kelola pendidikan di Aceh masih sangat konvensional. Apalagi sekarang ini pendidikan Islami belum tanpak wujud yang jelas," ujar Budi.

Budi juga mengatakan, selama ini pemerintah kabupaten kota masih terkesan lebih mementingkan pembangunan gedung pendidikan daripada peningkatan mutu pendidikan. Karena itu, pihaknya berharap, pemerintah kabupaten kota juga akan mendukung target pemerintah Aceh yaitu mengutamakan mutu pendidikan .[]

  • Uncategorized

Leave a Reply