Tingkat kemiskinan Aceh Tengah setara dengan provinsi

PENDUDUK miskin di Aceh Tengah berdasarkan perhitungan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011 mencapai 19,58 persen. Angka tersebut masih relatif setara bila dibandingkan dengan tingkat kemiskinan rata-rata Provinsi Aceh.

Hal ini disampaikan Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin kepada utusan khusus Presiden RI, H S Dillon di Aula Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Tengah, Rabu 10 April 2013.

Menurut Nasaruddin, angka ini lebih tinggi dari tingkat kemiskinan secara nasional yang hanya mencapai 13,3 persen.

"Namun persentase kemiskinan Aceh Tengah telah mengalami penurunan secara berkala yang enam tahun lalu masih berkisar pada 24,41 persen penduduk miskin," katanya dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi ATJEHPOSTcom, Rabu 10 April 2013.

Penurunan angka kemiskinan juga diikuti dengan meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM). Menurut data BPS tahun 2012,  kata Nasaruddin, IPM Aceh Tengah meningkat dengan signifikan.

Tahun 2007 hanya berkisar pada angka 72,11, kemudian pada tahun 2011 mencapai 74,18, atau lebih tinggi dari IPM rata-rata Provinsi Aceh yang berada pada angka 72,16. Bahkan angka tersebut lebih tinggi dari IPM rata-rata nasional yang berkisar pada angka 72,77.

Sehingga dengan capaian indeks terakhir, kata dia, menempatkan Aceh Tengah pada urutan ke-5 di Provinsi Aceh, setelah Banda Aceh (78,00), Kota Lhokseumawe (76,68), Sabang (76,47) dan Kota Langsa (74,37).

Sebelumnya diberitakan, utusan Presiden RI, HS Dillon yang membidangi penanggulangan kemiskinan berkunjung ke Aceh Tengah. Kunjungan itu dilakukan Dillon setelah menjadi keynote speaker di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Aceh di Banda Aceh, Selasa, 9 April 2013.

Dalam pertemuan dengan Bupati Aceh Tengah, turut hadir unsur pimpinan daerah dan pimpinan SKPK, tokoh masyarakat dan penerima manfaat beras miskin yang tersebar pada 14 kecamatan di Aceh Tengah.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply