Timnas U-19 Keok Lawan Brunei Darussalam

Tim nasional Indonesia usia 19 tahun (U-19) harus menelan kekalahan kala menghadapi Brunei Darussalam dalam pertandingan lanjutan turnamen Hassanal Bolkiah Trophy. Di hadapan tim tuan rumah, Indonesia kalah telak 3-1 kala bermain di Stadion Nasional Hassanal Bolkiah, Senin, 11 Agustus 2014.

Bermain dengan kekuatan penuh, Indonesia menguasai pertandingan sepanjang babak pertama. Anak-anak asuhan Indra Sjafri tak membuka celah sedikit pun bagi pemain Brunei untuk mengambil kendali permainan.

Namun Indonesia dikejutkan oleh gol penyerang Brunei, Adi Saidi, pada menit ke-9. Berawal dari umpan pendek di sisi kiri, pemain bernomor punggung 20 ini mengontrol bola dengan tumit sebelum menceploskan bola ke gawang Ravi Murdianto.

Kebobolan satu gol, Indonesia tak mengendurkan serangan. Rapatnya barisan pertahanan Brunei membuat Indonesia kesulitan menciptakan peluang. Dua pemain Brunei dengan disiplin kerap mengawal pergerakan pemain Indonesia yang sedang menggiring bola. Kondisi ini membuat para pemain kerap melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.

Asyik menyerang, Indonesia kembali dikejutkan oleh gol Adi Saidi pada menit ke-41. Tendangan keras Adi dari luar kotak penalti di sisi kanan lapangan tak sanggup dihalau oleh Ravi. Brunei memimpin 2-0. 

Tak menunggu waktu lama bagi Adi untuk mencetak gol ketiga. Pemain dengan gaya potongan rambut mohawk ini mengubrak-abrik pertahanan Indonesia pada menit ke-44. Meski mendapat pengawalan dari tiga bek sekaligus, Adi tetap bisa melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Lagi-lagi Ravi harus memungut bola dari gawangnya sendiri. Brunei pun makin menjauh dan mengubah papan skor menjadi 3-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, pola permainan tidak berubah. Indonesia tetap menguasai permainan. Sepanjang 15 menit pertama babak kedua, tim Garuda Muda mengepung barisan pertahanan Brunei. Meski memegang kendali, Indonesia masih sulit menembus pertahanan lawan yang diisi oleh sembilan pemain.

Akhirnya, gol yang ditunggu pun tiba. Gawang Brunei akhirnya kemasukkan pada menit ke-74. Maldini Pali yang bergerak di sisi kiri mengoper bola ke arah Dimas Drajad yang diteruskan kepada Ilham. Dengan sedikit sentuhan, Ilham menceploskan bola ke gawang Brunei. Kedudukan berubah menjadi 3-1 untuk kemenangan Brunei.

Hingga laga usai, Indonesia tidak mampu menambah gol lagi. Brunei pun menutup pertandingan dengan skor 3-1. Hasil ini membuat posisi Indonesia berada di peringkat kelima Grup B dengan koleksi satu poin. | sumber: Tempo.co

  • Uncategorized

Leave a Reply