Tim Yayasan Permata Aceh Peduli Ikut Pelatihan Penanganan Psikologi Penderita HIV-AIDS

STAF YPAP (Yayasan Permata Aceh Peduli) selama tiga hari melakukan studi banding dan pelatihan penanganan psikologi penderita HIV-AIDS di Recovery Center Caritas PSE Medan mulai Senin, 19 November 2012.

Tujuan dari mengikuti pelatihan dan studi banding penanganan Psikologi Penderita HIV-AIDS ini untuk mengidentifikasi kebutuhan psikologis ODHA (Orang dengan HIV-AIDS), dan memprediksi masalah psikologis yang dihadapi ODHA, serta melihat pemecahan masalah psikologis yang dihadapi ODHA.

Masalah psikologis ODHA ini penting sekali untuk dipahami dan didalami oleh staff YPAP dalam menjalankan program di Bireuen, Lhokseumawe dan Aceh Utara dalam menangani penderita HIV-AIDS. Karena memang di Aceh masih sangat kental dengan stigma dan diskriminasi masyarakat terhadap penderita HIV-AIDS.

Goncangan psikologis ODHA pun 80 % disebabkan oleh stigma ini. Mereka cemas dicap sebagai orang nakal, bejat dan berperilaku amoral dan 20 % cemas menghadapi penyakit yang belum ditemukan obatnya. Padahal tidak semua penderita HIV-AIDS karena berperilaku amoral.

Fadhli Djailani Outreach Coordinator YPAP sangat berterimakasih kepada Caritas German yang sudah memfasilitasi staff YPAP untuk mendapatkan pelatihan dan studi banding penanganan psikologis penderita HIV-AIDS.

Karena memang dari waktu ke waktu penderita HIV-AIDS di Aceh terus ditemukan, dan masalah yang paling sering ditemukan di penderitanya, adalah psikologis.

Fadhli Djailani, Coordinator Outreach YPAP

  • Uncategorized

Leave a Reply