Tim Gabungan Razia Produk Kadaluarsa di Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE – Tim gabungan Pemerintah Kota Lhokseumawe menggelar razia terhadap barang bermasalah disejumlah supermarket dan mini market yang ada, Kamis 20 Desember 2012. Barang itu diantaranya makanan ringan, kosmetik, buah-buahan serta sejumlah produk lainnya.

Tim gabungan ini terdiri dari Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Dinas Kesehatan, kepolisian dan Lembaga Perlindungan Konsumen Muslim (LPKM).

Menurut keterangan Ketua LPKM, Syahrial MS mengatakan dalam razia itu, pihaknya berhasil menemukan beberapa produk ilegal yang tidak berlabel halal serta diketahui BPOM Indonesia. Ada juga produk yang telah kadaluwarsa dan buah yang busuk.

“Saat kita lakukan razia di salah satu supermarket, kita menemukan produk kadaluwarsa yang belum ditarik. Juga ada produk yang tidak memiliki label halal dan mendapat izin BPOM. Yang lain seperti busuk juga masih dijual,” ujar Syahrial MS, Kamis 20 Desember 2012.

Barang-barang atau produk bermasalah tersebut, kini telah dibawa ke Mapolres Lhokseumawe.

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe, AKP Supriadi mengatakan pihaknya akan memanggil para penanggung jawab supermarket untuk dimintai keterangan dan penandatangan surat perjanjian.

Surat perjanjian tersebut berisi tentang akan menarik dan tidak mengulangi lagi pemasaran barang yang sudah tidak layak.

“Kita juga akan meminta mereka untuk menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi kejadian itu. Kalau masih lalai atau indikasi lain, maka akan kita proses sesuai jalur hukum,” ujar Supriadi.[bna]

  • Uncategorized

Leave a Reply