Tim ekspedisi cincin api jelajahi Gayo

EKSPEDISI keliling Indonesia dengan menggunakan sepeda motor bertajuk Ring of Fire Adventure (ROFA) mulai menjelajahi dataran tinggi Gayo. Tim yang dipimpin Youk Tanzil tiba di Takengon, Aceh Tengah, Jumat 7 Juni 2013 lalu.

Tim yang mulai dilepas langsung oleh Wakapolri Komjen Pol. Drs Nanan Soekarna pada Minggu, 19 Mei 2013 ini merupakan tahapan ketiga.

"Ekspedisi kali ini merupakan stage ketiga dengan target menjelajah Sumatera," kata Youk Tanzil ketika bertemu dengan Bupati Aceh Tengah, H. Nasaruddin. Saat itu turut didampingi Kapolres Aceh Tengah, AKBP. Artanto, Sik, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Aceh Tengah, Nasiruddin sk, dan Kepala Bagian Humas, Mustafa Kamal.

Tanzil mengatakan pihaknya telah melalui dua stage sebelumnya, dan keduanya menjelajah Indonesia bagian timur, menurutnya stage ketiga ini juga merupakan rangkaian menyambut dan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 67 dan bulan Bhakti Polri tahun 2013.

Lebih jauh Tanzil menerangkan, perjalanan timnya bertujuan untuk memperlihatkan dan mengeksplorasi latar belakang kondisi geografis Indonesia yang terletak di antara dua sabuk gunung berapi paling aktif di dunia, Sabuk Pasifik dan Sabuk Alpide, "Indonesia menjadi negara memiliki resiko gunung berapi yang tinggi," katanya.

Selain melakukan perjalanan, tim ROFA menurut Tanzil juga ikut mendokumentasikan keindahan alam dan budaya masyarakat yang mereka lintasi.

Ketika berdialog dengan Tanzil, Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, mengatakan pihaknya sangat "wellcome" dengan kehadiran dan kunjungan tim ROFA di wilayahnya.

Nasaruddin membeberkan berbagai budaya dan sumber daya alam yang menjadi andalan daerah selama ini. Ia juga meminta tim ROFA ikut mempromosikan wisata Aceh Tengah selama perjalanan dan setibanya di tujuan nanti.

"Sayang sekali, singgahnya hanya sebentar, padahal banyak tempat yang dapat disinggahi," ujar Nasaruddin menanggapi kunjungan tim ROFA yang hanya semalam di Takengon.

Untuk wilayah tengah Aceh, tim ROFA rencananya akan meninjau situs arkeologi Ceruk Mendale dan Ujung Karang Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah.

"Selama melakukan peninjauan di lokasi situs arkeologi nanti, tim ROFA akan di dampingi langsung oleh arkeolog asal Balar Medan, Ketut Wiradyana," kata Kabag Humas, Mustafa Kamal.

Menurut Tanzil, tim ROFA langsung menuju Banda Aceh, berikutnya Padang dan Bengkulu, lalu dilanjutkan ke Anyer hingga Krakatau dan berakhir di Monas Jakarta. Perjalanan akan berakhir pada penghujung Juni mendatang.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply