Tiga Hal Penting Sebelum Mengubah Rp 1.000 Jadi Rp 1

Komisi XI DPR RI dari Fraksi PPP DPR Zaini Rahman menyampaikan 3 hal penting yang perlu digarisbawahi sebelum melakukan redenominasi atau penyederhanaan mata uang rupiah tanpa mengurangi nilainya. Salah satunya adalah persoalan sosialisasi.

"Terhadap rencana sosialisasi redenominasi di 2013, ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi," kata Zainal dalam siaran persnya, Kamis 27 Desember 2012.

Pertama, menurut Zainal adalah pemberitahuan ke publik tentang antisipasi dampak inflasi yang tidak akan terhindarkan. "Ini menjadi persoalan serius," katanya.

Kedua, lanjutnya, soal cost transisi yang akan sangat besar, meliputi apa saja biaya transisi itu dan anggarannya dibebankan ke siapa.

"Dan ketiga soal dampak psikologis bagi masyarakat dalam memandang standar nilai uang," tutur Zainal.

Dikatakan Zainal, pemerintah dan BI harus jujur ke publik soal gagasan inti dari redenominasi baik dari segi tujuan maupun akibat-akibatnya pada ekonomi masyarakat. Selama ini BI selalu menyebutkan bahwa redenominasi itu pengetiannya tunggal, yakni penyederhanaan mata uang dan agar uang pecahan lebih praktis.

"Namun secara tidak disadari pengertian lainnya adalah bahwa uang seribu itu nantinya memang benar-benar akan bernilai satu, jadi ini juga bermakna sebagai penaikan nilai kurs rupiah secara angka tertulis dan sekaligus penurunan nilai rupiah sangat drastis secara psikologis," tuturnya.

"Dalam konteks ini, BI harus sampaikan ke publik apa saja antisipasinya untuk mengatasi dampak-dampak tersebut, termasuk bagaimana jika proses transisinya gagal. Berapa lama waktu yang akan dijadikan standar proses transisi itu gagal atau berhasil dan sebagainya," tutup Zainal.

Redenominasi adalah mengurangi digit (angka nol) di belakang mata uang tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Misal Rp 1.000 menjadi Rp 1 untuk menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih kecil.

Dengan penyederhanaan itu maka hal yang sama secara bersamaan dilakukan juga pada harga-harga barang dan proses ini tidak mengubah daya beli masyarakat.

Rencananya, pembahasan RUU Redenominasi Mata Uang tersebut akan dilakukan pada Mei 2013 mendatang.|sumber:detik.com

  • Uncategorized

Leave a Reply