Tiga gampong wakili Aceh Besar di tingkat provinsi

TIGA gampong di Aceh Besar mewakili Aceh Besar untuk ikut serta sebagai gampong terbaik di tingkat Provinsi Aceh tahun 2013. Ketiga gampong tersebut di antaranya, Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga, Gampong Lamreh Kecamatan Darussalam dan Gampong Lumpu Kecamatan Peukan Bada.

Penilaian ketiga lomba yang diikuti gampong terbaik dipusatkan di Gampong Nusa, Lhoknga pada Jumat 1 November 2013. Gampong Nusa dinilai untuk Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), Gampong Lamreh mengikuti penilaian pembinaan Program Trepadu Gerakan Sayang Ibu (GSI), dan Gampong Lam Lumpu mengikuti penilaian gampong Bina Keluarga Balita (BKB).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, Wakil Ketua DPRK Sulaiman Ali, Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Besar Lissiani Mukhlis Basyah, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Besar Hj Nazriati Syamsulrizal, para Kepala SKPK, Muspika Lhoknga, dan tokoh-tokoh masyarakat. Sedangkan tim penilai dari Provinsi Aceh dipimpin oleh Dra Rosmiati M Hasan.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah mengatakan Gampong Nusa merupakan sentral kerajinan tangan bagi kaum ibu berupa pembuatan kerupuk tempe, pengolahan daur ulang menjadi bunga, industri rumah tangga membuat kue kering dan kue basah, pabrik roti Nusa Bakrey dan lain-lain.

“Andai kata Tim Penilai P2WKSS Gampong Nusa, GSI di Gampong Lamreh, dan BKB di Gampong Lam Lumpu memberi kesempatan kepada gampong kami, Aceh Besar siap menerima anugerah juara satu tingkat Provinsi Aceh dan bersedia mewakili Aceh ke tingkat nasional,” ujar Mukhlis Basyah.

Saat ini, kata dia, berbagai upaya terus diupayakan dengan sungguh-sungguh untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Aceh Besar. Antara lain telah ditempatkan bidan di gampong-gampong dan mengaktifkan Posyandu untuk mempermudah pelayanan kesehatan ibu.

Ketua penyelenggara, Nurhayati Muhammad melaporkan dengan kerja keras dan dukungan seluruh masyarakat, selama ini banyak prestasi yang telah diraih Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga.

Bahkan pada penilaian desa tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2012, Gampong Nusa meraih juara pertama. Di samping itu, di bidang kesehatan juga ditunjuk sebagai Posyandu Plus Percontohan.

“Masyarakat Gampong Nusa juga sangat mendukung suksesnya pelaksanaan Program Beut Alquran Bakda Maghrib yang dilaksanakan oleh Pemkab Aceh Besar,” katanya.

Ketua tim penilai dari Provinsi Aceh, Dra Rosmiati M Hasan mengemukakan para penilai berasal dari berbagai instansi terkait di Provinsi Aceh. Diharapkan kekompakan dan persatuan seluruh masyarakat di gampong akan terus terbina sehingga setiap program pembangunan berjalan secara baik dan lancar.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply