Tia, dari usaha komestik ke penyiar radio

SUARA Cut Athia Andalia tidak asing lagi di telinga masyarakat Lhokseumawe yang sering mendengar siaran Radio Republik Indonesia (RRI).

Wanita kelahiran Lhokseumawe 1985 silam yang juga dikenal dengan nama Athia Zirwan ini menjadi penyiar radio sejak Juli 2007. Tepatnya penyiar Pro 1 RRI Lhokseumawe yang menyiarkan informasi tentang pendidikan, budaya dan hiburan.

Sebelum bergabung menjadi penyiar RRI, wanita ini mengelola usaha kosmetik. Tia, begitu ia akrab disapa, sering mengikuti kursus tentang kecantikan.

Lulusan diploma tiga (DIII) Jurusan Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe ini juga sedang menyelesaikan tugas akhir di Teknik Informatika Universitas Malikussaleh untuk meraih gekar sarjana.

Selain menjadi penyiar radio, Tia tercatat sebagai tenaga pengajar di SMK 5 Lhokseumawe. Ia juga aktif di beberapa organisasi.

Ditanya mengapa tertarik jadi penyiar radio, sambil bercanda Tia berkata, “Apa ya, bingung juga jawabnya, mungkin memang udah bakat kali ya?"

Kepada ATJEHPOSTcom, Jumat, 1 Maret 2013, Tia bercerita, ia memilih profesi itu karena ada tawaran dari salah seorang penyiar. Kebetulan saat itu RRI membutuh penyiar. Tia yang sedang kuliah, tidak ada kesibukan lain, langsung merespon dan menyerahkan lamaran.

“Ketemu dengan Kepala Stasiun RRI Lhokseumawe, ikut serangkaian tes. Akhirnya diterima sebagai anak magang selama seminggu dan siaran bareng sama penyiar lain. Minggu kedua langsung on air di RRI Pro 1," ujar Tia.

Tak lama setelah aktif sebagai penyiar, Tia belajar menjadi MC untuk acara seremoni. Belakangan ia sering tampil sebagai MC di acara hiburan, seremoni pelantikan dan kegiatan lainnya.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply