Thiago: Pentingnya memperlihatkan tiki-taka kepada dunia

THIAGO Alcantara jadi bintang kemenangan Spanyol di final Piala Eropa U-21, Rabu 19 Juni 2013 dinihari WIB. Dia pun menyebut kemenangan itu sebagai pentingnya memperlihatkan tiki-taka pada dunia.

Keberhasilan Spanyol menjadi juara Piala Eropa U-21 2013 merupakan lanjutan kesuksesan dari edisi sebelumnya. Pada 2011, La Rojita juga tampil sebagai juara, waktu itu setelah mengalahkan Swiss.

Thiago, bersama Martin Montoya dan kiper David De Gea, juga jadi bagian tim muda Spanyol dua tahun silam. Mereka bak melanjutkan hasil bagus yang diraih tim nasional senior di Euro 2012. Kebetulan, tim yang dikalahkan juga sama, yakni Italia.

Pada laga final dinihari tadi, Spanyol menang 4-2 dan Thiago mencetak hat-trick, sementara satu gol Spanyol lainnya disumbangkan oleh Isco. Namun, Thiago menyebut bahwa sukses Spanyol lebih karena gol-gol rekannya yang lain.

"Sukses kami datang dari gol-gol (Alvaro) Morata, Isco, dan Alvaro Vazquez, yang sudah memimpin kami memenangi turnamen ini lagi," ujarnya kepada AS.

Dari catatan statistik, Thiago juga terbilang bagus. Dia jadi salah satu pemain yang paling banyak melepaskan attempts on target, yakni enam. Hanya Morata, delapan attempts on target, yang punya catatan lebih baik darinya sepanjang turnamen.

Sementara, secara total, Thiago melepaskan 15 shots sepanjang turnamen. Dia tak hanya jadi pengatur serangan dan permainan timnya, tetapi juga tumpuan untuk membuat peluang atau gol.

Catatan lainnya, Thiago juga menjadi pemain dengan hat-trick tercepat dalam sejarah turnamen, yakni 32 menit.

"Yang paling penting adalah memperlihatkan pada dunia sepakbola tiki-taka," kata gelandang Barcelona ini kemudian.[] sumber : detik

  • Uncategorized

Leave a Reply